Tipe berpikir siswa field dependent dan field independent dalam menyelesaiakan soal kesebangunan di kelas IX MTsN Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfiyah, Nikmatin (2012) Tipe berpikir siswa field dependent dan field independent dalam menyelesaiakan soal kesebangunan di kelas IX MTsN Krian. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nikmatin Zulfiyah_D04207051.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah l.) Untuk mendeskripsikan tipe berpikir siswafie/d dependent dalam menyelesaikan soal kesebangunan. 2.) Untuk mendeskripsikan tipe berpikir siswa field independent dalam menyelesaikan soal kesebangunan. 3.) Untuk mendeskripsikan perbedaan tipe berpikir siswa field dependent danfield independent dalam menyelesaikan soal kesebangunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mengetahui tipe berpikir siswa field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN Krian sebanyak 4 siswa yaitu 2 siswa dengan gaya belajar field dependent dan 2 siswa dengan gaya belajar field independent. Siswa diberikan GEFT (Group Embedded Figures Test) untuk membedakan gaya belajar siswa, kemudian diberikan soal tes uraian. Setelah mengerjakan soal dilakukan proses wawancara untuk mengetabui tipe berpikir siswafield dependent danfield independent dalam menyelesaiakan soal. Subjek yang terpilib untuk diwawancarai harus memenubi beberapa kriteria, yaitu subjek harus mengerjakan tes secara lengkap, ada prosesnya dan mampu berargumen dalam menjelaskan jawabannya. Siswa dikelompokkan pada tipe berpikir konseptual bila "siswa mampu menjelaskan Iangkah dan menggunakan konsep yang digunakan untuk menyelesaikan masalah", untuk tipe berpikir semi konseptual bila "siswa kurang mampu menjelaskan langkab dan menggunakan konsep yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalab", dan untuk tipe berpikir komputasional bila "siswa tidak mampu menjelaskan langkah dan tidak menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah". Berdasarkan basil analisis data terbadap tes tulis dan wawancara, sebingga diperoleb basil yaitu l .) Kelompok siswa dengan gaya belajar field independent cenderung memiliki tipe berpikir semikonseptual. 2.) Kelompok siswa dengan gaya belajar field dependent cenderung memiliki tipe berpikir komputasional. 3.) Kelompok siswa dengan gaya belajar field independent cenderung lebib analitis dalam menyelesaikan soal daripada kelompok siswa dengan gaya belajarfield dependent.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfiyah, NikmatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Tipe berpikir siswa; field dependent; field independent; soal kesebangunan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:42
Last Modified: 05 Feb 2018 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22182

Actions (login required)

View Item View Item