Gambaran minat entrepreneurship pada mahasiswa akhir UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Dewi Wakhidatul (2018) Gambaran minat entrepreneurship pada mahasiswa akhir UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dewi Wakhidatul Masruroh_B77213058.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat entrepreneurship pada mahasiswa akhir UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa akhir semester 7 yang sedang menjalankan studi di perguruan tinggi UIN Sunan Ampel dengan jumlah responden 266 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif survey descriptive dengan teknik sampling area (cluster). Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis descriptif. Hasil analisis menunjukkan gambaran mahasiswa akhir UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki minat yang sedang terhadap entrepreneurship. Dimana hasil uji analisis descriptive, didapatkan nilai mean 46.59, dengan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0.05. Selain itu, untuk mengetahui prosentase tingkat minat entrepreneurship berdasarkan uji rata-rata empiric dan hipotetic memiliki skor 55% dengan frequency rendah 39.83 dan sedang 48.00. Pada subjek yang memiliki minat tertiggi hasil menunjukkan tipe kepribadian Expert Idea Generator (Ahli pengemuka ide/ gagasan) dan aspek internal dan aspek eksternal memiliki peranan penting untuk membangun minat berwirausaha, selain itu dukungan dari keluarga sangat membantu subjek memiliki karakteristik percaya diri dan optimis, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko dan menyukai tantangan, kepemimpinan, keorisinilan dan berorientasi pada masa depan. Pada subjek yang memiliki minat terendah hasil menunjukkan tipe kepribadian achiever (seorang yang berprestasi) dan motif pribadi yang membuat subjek tidak ingin menjadi pengusaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Dewi Wakhidatuldewi.wakhidatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Psikologi
Wirausaha
Keywords: Minat siswa; entrepreneurship
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Masruroh Dewi Wakhidatul
Date Deposited: 06 Feb 2018 04:18
Last Modified: 06 Feb 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item View Item