Mekanisme pengelolaan zakat saham dan investasi di Yatim Mandiri Surabaya menurut prespektif Yusuf Al-Qardhawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmawati, Oky Ulum (2017) Mekanisme pengelolaan zakat saham dan investasi di Yatim Mandiri Surabaya menurut prespektif Yusuf Al-Qardhawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Oky Ulum Rakhmawati_C74213137.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Mekanisme Pengelolaan Zakat Saham dan Investasi di Yatim Mandiri Surabaya Menurut Prespektif Yusuf Al-Qardhawi” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana mekanisme pengelolaan zakat saham dan investasi di Yatim Mandiri dan bagaimana mekanisme pengelolaan zakat saham dan investasi di Yatim Mandiri menurut prespektif Yusuf Qardhawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara langsung dengan pihak Yatim Mandiri Surabaya, yaitu Human Riset dan Development, Customer Service dan Karyawan (Teller) yang menangani bagian zakat dan dari buku dan jurnal yang ada pendapat dari Yusuf Al-Qardhawi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme zakat saham dan investasi di Yatim Mandiri ini sudah sesuai dengan pendapat Yusuf Qardhawi yaitu 2,5%. Zakat saham 2,5% itu diambil dari nilai kumulatif rill bukan nominal yang tertulis pada saham tersebut dan zakat itu dibayar setiap tahun. Sedangkan zakat investasi di Yatim Mandiri juga sesuai dengan Yusuf Qardhawi yaitu dengan perhitungan 2,5% pertahun, namun Yusuf Qardhawi juga berpendapat bahwa zakat investasi bisa dikeluarkan saat penghasilan investasi diterima yaitu zakat yang dikeluarkan sebesar 5 % dari penghasilan bruto atau 10 % dari penghasilan bersih. Dalam pengelolahan dan penyaluran dana zakat menurut Yusuf Qardhawi perhatian pertama ditunjukan kepada golongan yang sangat membutuhkan. Bagian terbesar harta zakat khusus diperuntukkan bagi mereka yang berhak menerima dan Penyaluran zakat di Yatim Mandiri pun sudah sesuai dengan pemikiran Yusuf Qardhawi yaitu dengan menentukan bidang – bidang penyaluran dana zakat, infaq dan shodaqoh kepada orang – orang yang membutuhkan. Melihat banyaknya orang yang membutuhkan disekitar kita hendaknya Yatim Mandiri Surabaya untuk lebih memaksimalkan dan memperluas jangkauan donatur zakat saham dan investasi agar bisa lebih banyak menyalurkan dana zakat kepada orang – orang yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmawati, Oky Ulumsherloky.ulum@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Keywords: Zakat; saham; investasi: Yusuf al Qardhawi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rakhmawati Oky Ulum
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:33
Last Modified: 07 Feb 2018 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22265

Actions (login required)

View Item View Item