Pengaruh dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan religius terhadap minat pembiayaan ulang produk Murabahah pada USPPS-KSU Jabal Rahmah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Yuli Dwi Qurrata (2018) Pengaruh dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan religius terhadap minat pembiayaan ulang produk Murabahah pada USPPS-KSU Jabal Rahmah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuli Dwi Qurrata A'yun_G74214075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Koperasi syariah merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang menjalankan usaha di bidang simpan pinjam dan pembiayaan yang menggunakan prinsip-prinsip syariah dengan pedoman al-Quran dan as-Sunnah. USPPS-KSU Jabal Rahmah merupakan salah satu koperasi syariah yang berlokasi di Sidoarjo. Pembiayaan murabahah merupakan produk yang paling diminati oleh nasabah USPPS-KSU Jabal Rahmah. Dari jumlah 160 nasabah aktif yang melakukan pembiayaan produk murabahah di USPPS-KSU Jabal Rahmah, terdapat sebanyak 112 nasabah yang melakukan pembiayaan ulang. Melihat dari hal tersebut, terbentuklah variabel dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan religius dalam penelitian ini dimana kedua variabel tersebut merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat pembiayaan ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan religius terhadap minat pembiayaan ulang produk murabahah pada USPPS-KSU Jabal Rahmah Sidoarjo, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 nasabah dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90 reponden. Teknik Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial antara dimensi kualitas pelayanan (X1) tidak terdapat pengaruh terhadap minat pembiayaan ulang produk murabahah (Y) dengan t hitung lebih kecil dari t tabel (0,597 < 2,280). Untuk variabel kepuasan religius (X2) secara parsial menunjukkan adanya pengaruh terhadap minat pembiayaan ulang produk murabahah (Y) dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (9,258 > 2,280). Dan yang terakhir secara simultan (bersama-sama) menunjukkan hasil berpengaruh signifikan antara variabel bebas (X1 dan X2) terhadap variabel terikat (Y) dengan nilai F hitung > F tabel (47,460 > 3,101) dan nilai probabilitasnya 0,000 < 0,05 dengan sumbangsih persentase variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 52,2% dan sisanya 47,8% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak di masukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Religius, Minat Pembiayaan Ulang Produk Murabahah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Yuli Dwi Qurratayulidwiqa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Kualitas layanan; kepuasan religius; murabahah; minat pembiayaan ulang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: A'yun Yuli Dwi Qurrata
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:23
Last Modified: 09 Feb 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22493

Actions (login required)

View Item View Item