Manhaj tafsir pimpinan al Rahman kepada pengertian al Qur'an karya Sheikh Abdullah Basmeih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halim, Abdul bin Brahim (2018) Manhaj tafsir pimpinan al Rahman kepada pengertian al Qur'an karya Sheikh Abdullah Basmeih. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Halim bin Brahim_E43214103.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan yaitu: Sumber-sumber yang digunakan oleh Sheikh Abdullah Basmeih dalam menafsirkan Tafsir Pimpinan al-Rahman Kepada Pengertian al-Qur’an, kemudian Metode yang digunakan oleh beliau dalam menafsirkan dan yang terakhir adalah Validitas Penafsiran yang digunakan oleh Sheikh Abdullah Basmeih dalam menghasilkan karyanya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research). Yaitu melakukan penyelidikan terhadap buku-buku informasi lainnya yang berhubungan dengan masalah penelitian ini, disamping mengutip dan mengkaji dari kitab yang dikarang oleh Sheikh Abdullah Basmeih. Dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan mengambarkan hasil penelitian yang disdasarkan atas perbandingan dari berbagai sumber yang ada dan yang berbicara tentang tema yang sama. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa sumber penafsiran yang digunakan oleh Sheikh Abdullah Basmeih dalam menghasilkan karya rata-rata bersumber dari Al-Qur’an dan hadits sendiri dan didukung oleh hasil-hasil karya ulama’ lain sebagai penguat ketika menghasilkan tafsir ini. Kemudian metode yang digunakan dalam menghasilkan tafsir ini ialah metode ijmali, yaitu dengan menafsirkan sebagian ayat dan memberi penjelasan secara ringkas tetapi padat dengan isi. Akan tetapi tidak semua ayat yang ditafsirkan beliau dijelaskan dengan ringkas, terdapat beberapa ayat tertentu yang ditafsirkan dengan luas, tetapi tidak mengarah pada penafsiran yang bersifat analitis tahlily. Kemudian validitas penafsiran Sheikh Abdullah Basmeih ini antara salah satu yang menggunakan teori kebenaran korespondi. Oleh karena itu, penafsiran Sheikh Abdullah Basmeih banyak menghubungkan dengan fakta-fakta yang telah disebut sendiri didalam al-Qur’an itu sendiri mahupun hadits. Begitu pula sebaliknya jika dilihat dalam ranah ilmu pengetahuan Islam yang antaranya adalah ilmu pengetahuan Bayani, Irfani dan Burhani. Dan berdasarkan teori ilmu pengetahuan Islam pula Sheikh Abdullah Basmeih menggunakan ilmu pengetahuan bayani dalam konteks penafsirannya. Oleh karena itu juga penafsiran yang ditawarkan oleh beliau lebih terarah kepada nash secara otoritas mahupun langsung atau tidak langsung. Dengan adanya penelitian ini diharap dapat menjadi referensi yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan bagi pembentukan suatu produk ilmu. Sekaligus diharap menjadi literatur yang bisa dipertanggung jawabkan sebagai sumber kajian mahasiswa. Akhirnya kritik dan saran yang membangun sangatlah dibutuhkan dari semua pihak supaya segala kekurangan dan kekhilafan dapat dikoreksi dan dibenahi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halim, Abdul bin Brahimabdulhalimbrahim@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Manhaj tafsir; pimpinan al Rahman; pengertian al Quran; Sheikh Abdullah Basmeih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Halim bin Brahim Abdul
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:53
Last Modified: 12 Feb 2018 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22574

Actions (login required)

View Item View Item