Analisis alienasi siswa dalam sekolah menurut Karl Marx; studi kasus SD Kemala Bhayangkari 9 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ja'far Shodiq, Muhammad (2018) Analisis alienasi siswa dalam sekolah menurut Karl Marx; studi kasus SD Kemala Bhayangkari 9 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Ja'far Shodiq_E01213054.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang alienasi dalam pandangan Karl Marx. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah kondisi sosial siswa dalam sekolah SD Kemala Bhayangkari 9 Surabaya dan bagaimanakah hal tersebut dianalisis menggunakan teori alienasi menurut Karl Marx. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai bentuk-bentuk alienasi menurut Karl Marx, serta untuk mengetahui relevansinya terhadap kondisi sosial siswa dalam sekolah SD Kemala Bhayangkari 9 Surabaya. Masalah dalam skripsi ini dikaji menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu kajian lapangan (field research). Hasil penelitian ini yaitu relevansinya kondisi sosial yang tereksploitasi terjadi di sekolah ini dengan teori alienasi-nya Karl Mark adalah sebagai berikut: Pertama, adalah alienasi terhadap dirinya siswa sendiri. Hal ini bisa diketahui lewat terjadinya paksaan oleh guru terhadap para siswa dalam aktivitas belajar, para siswa dipaksa untuk belajar agar bisa mendapatkan nilai bagus disemua mata pelajaran ketika ujian nasional (UN). Kedua, adalah alienasi sesama siswa. Hal ini bisa diketahui dengan adanya persaingan antar sesama siswa dalam memperebutkan juara kelas (ranking). Para siswa dituntut untuk bersaing dalam merebutkan juara di kelas, sehingga siswa yang satu akan melihat siswa lainnya sebagai rival belajar dan bukan sebagai mitra belajar, hal ini juga diperkuat karena sekolah ini memang menerapkan sistem yang demikian. Ketiga, adalah alienasi terhadap potensi siswa. Para siswa juga dituntut untuk fokus belajar terhadap mata pelajaran tertentu, seperti Matematika, Ipa, dan Bahasa. Sehingga hal ini akan menyebabkan terhambatnya perkembangan potensi yang ada dalam diri para siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ja'far Shodiq, Muhammadjakfarshodiq95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Alienasi; eksploitasi; sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Shodiq M. Ja'far
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:58
Last Modified: 12 Feb 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22584

Actions (login required)

View Item View Item