Fenomena pengosongan kolom agama: studi tentang pemenuhan hak sipil dan politik penganut Sapta Darma Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulfiyah, Farihatus (2018) Fenomena pengosongan kolom agama: studi tentang pemenuhan hak sipil dan politik penganut Sapta Darma Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Farihatus Sulfiyah_E04213025.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena pengosongan kolom agama studi tentang pemenuhan hak penganut Sapta Darma Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Pertanyaan penelitian ini adalah membahas bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pihak Kecamatan Menganti dan Dispenduk Gresik terhadap warga yang kolom agama di Kartu Tanda Penduduknya kosong khususnya warga penganut Sapta Darma. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi dan pelayanan publik. Dalam penelitian ini Teori pelayanan publik digunakan sebagai alat analisis dalam mengklasifikasikan fenomena pengosongan kolom agama serta pelayanan yang diberikan oleh petugas kecamatan dan dispendukcapil. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah warga Sapta Darma, Sekretaris Sapta Darma, Staff Kependudukan tingkat Kecamatan Menganti, dan Satff Kependudukan tingkat Dispendukcapil Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) fenomena pengosongan kolom agama di Kartu Tanda Penduduk warga Sapta Darma Kabupaten Gresik mempengaruhi pemenuhan hak sipil dan politik mereka meskipun sudah ada peningkatan positif dari hal tersebut, namun masih ditemukan adanya perbedaan hak dengan warga pemeluk agama. (2) pelayanan pihak Kecamatan Menganti dan Dispendukcapil Kabupaten Gresik memang sudah sesuai aturan, namun masih ditemui masalah-masalah yang menghambat pemenuhan hak sipil dan politik warga Sapta Darma terkait munculnya kata “Kepercayaan” dalam format terbaru database kependudukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulfiyah, Farihatusfarihatussulfiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Hak Asasi Manusia
Keywords: Fenomena; pemenuhan hak; Sapta Darma
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Sulfiyah Farihatus
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:08
Last Modified: 12 Feb 2018 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22588

Actions (login required)

View Item View Item