Gaya komunikasi antarbudaya kaum perantau di masyarakat Dukuh Kentung RT 02/RW 10 Desa Tegalontar Kec. Sragi Kab. Pekalongan Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamam, Kharisul (2018) Gaya komunikasi antarbudaya kaum perantau di masyarakat Dukuh Kentung RT 02/RW 10 Desa Tegalontar Kec. Sragi Kab. Pekalongan Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kharisul Hamam_B96214126.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana gaya komunikasi antarbudaya kaum perantau di masyarakat Dukuh Kentung RT 02/ RW 10, desa Tegalontar Kec. Sragi, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah ketika pulang dari daerah rantau. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan data mengenai komunikasi perantau di masyarakat Dukuh Kentung RT 02/RW 10. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan berlandaskan teori pengelolaan ketidakpastian dan kecemasan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung. Data dilakukan pemeriksaan keabsahannya, lalu dilakukan penyajian sekaligus analisis data untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa gaya utama komunikasi perantau di masyarakat Dukuh Kentung RT 02/RW 10 ketika pulang dari daerah rantau adalah gaya asertif. Selain itu, termasuk juga gaya komunikasi lain seperti gaya santai (relaxed style), gaya atentif (attentive style), gaya terbuka (open style), dan gaya bersahabat (friendly style). Bertitik tolak dari penelitian ini, saran yang diperkirakan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perantau baik dari Dukuh Kentung maupun dari daerah lain ialah untuk tetap menjaga dan menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat daerah asal, meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di perantauan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamam, Kharisulhamamkharisul01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Budaya
Keywords: Gaya komunikasi; Antarbudaya; Kaum perantau
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hamam Kharisul
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:41
Last Modified: 12 Feb 2018 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22696

Actions (login required)

View Item View Item