Implementasi kurikulum integrasi: kurikulum Cambridge dan kurikulum 2013 Matematika kelas VIII di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Achmad Bagus Hendy (2018) Implementasi kurikulum integrasi: kurikulum Cambridge dan kurikulum 2013 Matematika kelas VIII di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Bagus Hendy Kurniawan_D74213045.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum berperan sebagai energi untuk komponen pendidikan, energi yang mendukung untuk keberhasilan tujuan dari tiap-tiap komponen pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu pengembangan kurikulum secara dinamis perlu dilakukan untuk memenuhi tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Pengembangan kurikulum bertujuan untuk melengkapi kurikulum yang telah ada sejak kurikulum tahun 1947. Perubahan kurikulum didasarkan pada suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai, seperti pada kurikulum 2013 edisi revisi 2016 yaitu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik itu sendiri secara seimbang. Beberapa sekolah mengembangkan kurikulumnya dengan mengintegrasikannya bersama kurikulum internasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hasil integrasi dari kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge serta implementasinya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kurikulum yang baru agar ditemukannya kendala dalam pelaksanaannya di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah
bagian kurikulum, guru matematika dan siswa. Alat penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar dokumentasi dan observasi, serta angket peserta didik. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil kurikulum Integrasi berupa muatan materi kurikulum 2013 dan
kurikulum Cambridge yang melalui proses adopsi dan adaptif dalam mengintegrasikannya. Pelaksanaan kurikulum Integrasi di MTs Bilingual Muslimat NU Sidoarjo memperoleh kategori baik. Kurikulum Integrasi yang diterapkan telah memenuhi kompetensi dari kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge. Hal tersebut memberikan dampak positif pada peserta didik berupa penalaran dan keterampilan berbahasa asing yang berada satu tingkat di atas peserta didik pada sekolah umumnya, sedangkan kekurangan dari pelaksanaan kurikulum ini jika terdapat peserta didik maupun guru yang tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris sehingga menjadi kendala dalam pelaksanaan kurikulum Integrasi di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Achmad Bagus Hendyachmadbagushk@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: kurikulum; kurikulum 2013; kurikulum Cambridge; kurikulum Integrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurniawan Achmad Bagus Hendy
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:11
Last Modified: 12 Feb 2018 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22713

Actions (login required)

View Item View Item