NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAYSIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, Muhammad Khakim (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAYSIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taysir Al-Khallaq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi serta relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan di analisis dengan menggunakan content analysis. Selain analisis konten, dalam penelitian ini juga menggunakan analisis strukturalisme genetic.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan akhlak yang terkandung kitab Taysir Al-Khallaq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi mencakup tiga aspek. Pertama, nilai pendidikan akhlak yang berhubungan dengan Allah SWT, yang memuat tentang taqwa. Kedua, nilai pendidikan akhlak yang berhubungan dengan keluarga dan lingkungan (masyarakat) yang memuat tentang hak dan kewajiban kepada sanak famili, hak dan kewajiban kepada tetangga, adab dalam pergaulan, kerukunan, persaudaraan, adab dalam pertemuan, ketiga, nilai pendidikan akhlak yang berhubungan dengan diri sendiri yang memuat tentang kebersihan, kejujuran,
amanah, al-‘Iffah, al-Muru’ah, sabar, kedermawanan, Tawadlu’, serta Adil.
Tujuan pendidikan Islam pada dasarnya adalah membentuk manusia yang mempunyai kepribadian Muslim yang salah satunya adalah mempunyai akhlak yang baik (mulia). Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Taysir Al-Khallaq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi baik yang mencakup akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada diri sendiri pada hakikatnya mempunyai relevansi dengan tujuan
pendidikan Islam. Dengan demikian, isi kandungan materi kitab tersebut sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya dalam membentuk insan kamil yang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Nawawi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, Muhammad KhakimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Akhlak; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2015 08:14
Last Modified: 28 Sep 2015 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item