This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qudsiyah, Ulin Nihayatil (2015) PENGARUH KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MAHASISWA DI UKM PENGEMBANGAN TEHFIDHUL QUR’AN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini meneliti tentang pengaruh kegiatan menghafal al-Qur’an terhadap pengembangan potensi diri mahasiswa di UKM-Pengembangan Tahfidhul Qur’an UIN Sunan Ampel Surabaya yang selanjutnya disingkat (UPTQ). Penelitian ini dilatarbelakangi karena unsur pengembangan potensi diri dinilai sangat penting dalam proses mencapai kualitas hidup yang utuh. Dengan menjalani kegiatan menghafal al- Qur’an diharapkan mahasiswa yang menjadi anggota di UPTQ bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana kegiatan menghafal al-Qur’an di UPTQ, bagaimana pengembangan potensi diri mahasiswa di UPTQ, dan adakah pengaruh kegiatan menghafal al-Qur’an terhadap pengembangan potensi diri.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait kegiatan menghafal al-Qur’an, kemudian untuk mengetahui bagaimana pengembangan potensi diri mahasiswa di UPTQ, dan yang terakhir adalah apakah ada pengaruh kegiatan menghafal al-Qur’an terhadap pengembangan potensi diri mahasiswa di UPTQ.
Untuk mengetahui rumusan masalah pertama dan kedua tersebut, peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan rumus prosentase yang kemudian dideskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ketiga, penulis menggunakan rumus korelasi product moment.
Setelah peneliti selesai melakukan penelitian, data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan menghafal al-Qur’an di UPTQ tergolong cukup baik, dengan diperoleh hasil angket sebanyak 63,95. Yang kemudian
diinterpretasikan dalam tabel nilai strandar prosentase dan diketahui bahwa hasilnya 63,95 ini berada diantara 56%-75%. Kemudian pengembangan potensi diri mahasiswa UPTQ ini juga tergolong cukup baik, hal ini dibuktikan dengan hasil
analisa yang menunjukkan bahwa hasil angket sebanyak 73,4. Yang kemudian diinterpretasikan dalam tabel standar prosentase dan diketahui berada diantara 56%- 75%.
Berdasarkan data yang dikemukakan, ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan menghafal al-Qur’an dengan pengembangan potensi diri terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai yaitu 0.421,maka apabila nilai tersebut dikonsultasikan dengan
v tabel interpretasi berada antara 0,40-0,70 yang tergolong dalam kategori cukup baik,sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila kegiatan menghafal al-Qur’an lebih ditingkatkan, maka pengembangan potensi dirinya bisa semakin meningkat
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Musthofa Huda | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Al Qur'an |
||||||
Keywords: | Pengembangan Potensi Diri; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2015 08:29 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2015 05:08 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2279 |
Actions (login required)
View Item |