Strategi media relations PT Angkasa Pura I (persero) cabang Bandar Udara Interasional Juanda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusniah, Wakhidatul (2018) Strategi media relations PT Angkasa Pura I (persero) cabang Bandar Udara Interasional Juanda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wakhidatulkhusniah_B96214136.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Awak media merupakan jembatan penghubung antara sebuah perusahaan dengan masyarakat. Sehingga praktisi Public Relations PT Angkasa Pura I (Persero) terus berupaya untuk membangun sinergitas positif dengan media. Penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi PT Angkasa Pura I (Persero) dalam menjalin relasi positif dengan awak media dan bagaimana tantangan yang dihadapi dalam membangun media relations tersebut. Tujuannya adalah mempelajari dan memahami strategi dan tantangan dalam menjalin hubungan dengan awak media (pers). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini adalah, Pertama, prakisi Public Relations PT Angkasa Pura I (Persero) menjalankan beberapa strategi untuk membangun media relations positif terhadap awak media atau pers. Diantaranya adalah menerapkan komuniksi persuasif dan mengapresiasi wartawan, memberikan fasilitas pers room yang nyaman, menyelenggarakan media gathering dan acara hiburan, mengadakan pers luncheon atau jamuan makan siang, memfasilitasi akses wartawan kepada stakeholder PT Angkasa Pura I (Persero), menyediakan referensi informasi bernilai berita, serta melakukan evaluasi dan monitoring terhadap awak media. Kedua, menjalin hubungan dengan awak media bukan hal yang patut untuk dianggap remeh. Terdapat tantangan yang harus dihadapi oleh praktisi Public Relations PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Intenasional Juanda Surabaya. Sikap berhati – hati,waspada dan skeptis kepada awak media. Namun, praktisi Public Relations harus dapat mengemasnya dalam komunikasi yang luwes, santai dan tidak kaku. Public Relations PT Angkasa Pura I (Persero) harus berhati – hati dengan wartawan amplop, Selain itu, PT Angkasa Pura I (Persero) bukan perusahaan komersil yang menggunakan media massa untuk pemasangan iklan. Kajian penelitian ini masih dapat dikembangkan dan diperluas, menyangkut peran yang dilakukan oleh praktisi Public Relations dalam membangun hubungan yang positif dengan awak media dan juga instansi medianya. Untuk itu penelitian – penelitian selanjutnya peneliti harap dapat menguak persoalan yang belum terjawab baik itu dengan riset kuantitatif maupun kualitatif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusniah, Wakhidatulwahidahusnia19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Keywords: Media relations; two way symetrical
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Khusniah Wakhidatul
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:32
Last Modified: 13 Feb 2018 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22818

Actions (login required)

View Item View Item