Interaksi sosial masyarakat multikultural di komplek perumahan Citraland Kecamatan Sambikerep Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Janah, Siti Nurul (2018) Interaksi sosial masyarakat multikultural di komplek perumahan Citraland Kecamatan Sambikerep Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nurul Janah_E02213043.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa untuk hidup sendiri dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Berbagai keragaman yang ada dikomplek perumahan berpengaruh pada masyarakat yang baru tumbuh dan sedang mencari bentuk yang mapan. Dari situ muncul persoalan yang sering terjadi dalam masalah keyakinan agama dan paham keagamaan diantara masing-masing anggota penduduk. Karena agama merupakan persoalan yang peka dan mendasar bagi manusia, khususnya Indonesia. Sehingga sangat berpengaruh pada sikap, perikalu individu dalam berinteraksi dengan lingkungan. Citraland saat ini banyak tergolong kelompok menengah keatas dan terdiri dari anggota masyarakat yang berbeda-beda baik dari segi etnik (suku), etnik strata sosial, pekerjaan dan ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk menegetahui sejauh mana interaksi sosial diperumahan Citraland dengan masyarakat sekitar agar dapat saling berdampingan. Melalui interaksi timbal balik antara individu dengan individu lainnya dapat saling berhubungan dan mempengaruhi sehingga memunculkan masyarakat multikulturan. Peneliti menggunakan data kualitatif dengan unit analisa deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi dan juga dokumentasi. Dengan demikian hubungan sosial antar umat beragama akan mengalami dinamika yang menarik untuk dikaji peneliti. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa interaksi sosial pada masyarakat multikultural di daerah penelitian memiliki kesenjangan sebagai bentuk interaksi tersebut seperti tolong menolong, kerja bakti membersihkan lingkungan, penyantunan anak yatim, bakti sosial ke panti asuhan. Sedang hal-hal yang mempengaruhi interaksi tersebut adalah, agama, sosial budaya, ekonomi, dan pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Janah, Siti Nurulnwruel.jannah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Masalah sosial
Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Interaksi Sosial; multikultural; Citraland
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Janah Siti Nurul
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:42
Last Modified: 04 Apr 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22823

Actions (login required)

View Item View Item