Paket pelatihan konseling pranikah dalam melestarikan keluarga sakinah di KUA Karang Pilang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Indah Salya (2018) Paket pelatihan konseling pranikah dalam melestarikan keluarga sakinah di KUA Karang Pilang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Salya Puspita_B03214002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses pelatihan konseling pranikah dalam melestarikan keluarga sakinah di KUA Karang Pilang Surabaya; 2) Bagaimana hasil pemahaman calon pengantin dari pelatihan konseling pranikah dalam melestarikan keluarga sakinah di KUA Karang Pilang Surabaya; dan 3) Bagaimana respon calon pengantin terhadap paket pelatihan konseling pranikah dalam melestarikan keluarga sakinah yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil wawancara secara lisan dan tulisan. Selain itu, observasi, saran, kritik dan komentar tertulis dan catatan data yang diperoleh melalui angket dan wawancara juga melengkapi data kualitatif. Adapun data kuantitatif diperoleh melalui skala penilaian buku paket dari tim uji ahli yang berupa angket penilaian. Proses pelatihan konseling pranikah ini dilakukan melalui beberapa tahap, yakni Sesi Perkenalan (Rapport), Kuesioner Pre-Test, Sesi Penyampaian Tujuan dan Petunjuk Penggunaan Paket (Tahap Pengembangan Apresiasi Emosional), Sesi Materi Pelatihan (Tahap Pengembangan Alternatif Modus Perilaku dan Tahap Membina Hubungan Konseling), Kuesioner Post-Test, dan Evaluasi (Tahap Mempelancar Tindakan Positif). Pelatihan konseling pranikah ini berjalan cukup efektif sesuai prosedur pelatihan dan hasilnya terukur melalui evaluasi konkret. Adapun hasil pemahaman calon pengantin dari pelatihan konseling pranikah dalam penelitian ini cukup berhasil. Sebelum pelatihan diberikan, calon pengantin memperoleh nilai masing-masing untuk calon suami yakni 63,3% dan calon istri yakni 55%. Setelah diberikan pelatihan, terjadi peningkatan nilai menjadi 80% untuk calon suami dan 70% untuk calon istri. Adapun produk yang diujikan dalam penelitian ini juga dinyatakan sangat tepat dengan skala penilaian sebesar 78.6%. Untuk respon calon pengantin dalam pelaksanaan pelatihan konseling pranikah ini adalah mereka sangat senang serta sangat memberikan manfaat untuk bekal dalam kehidupan rumah tangga nantinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Indah Salyaindahsalya99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Pranikah; Melestarikan Keluarga Sakinah; Paket Pelatihan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puspita Indah Salya
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:02
Last Modified: 13 Feb 2018 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22839

Actions (login required)

View Item View Item