مقارنة الأساليب في قصة موسى عليه السلام في سورتي البقرة والأعراف (دراسة في تحليل الخطاب)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khorida, Ahsanatul (2018) مقارنة الأساليب في قصة موسى عليه السلام في سورتي البقرة والأعراف (دراسة في تحليل الخطاب). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahsanatul Khorida_A71214055.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di dalam Al-Qur'an terdpat banyak kisah-kisah nabi terdahulu bersama umatnya. salah satunya adalah kisah nabi Musa AS yang diceritakan dalam AlQur'an secara berulang-ulang di tempat atau disurat yang berbeda-beda. khususnya dalam surat Al-Baqarah dan Surat Al-A'raf ditemukan kisah-kisah nabi Musa dengan Bani Israil yang menjadi objek penelitian. Ada suatu perkara yang tidak disebutkan di dalam surat Al-Baqarah namun disebutkan dalam surat Al-A'raf, dan begitu sebaliknya.Bahasa yang diungkapkan dalam surat Al-Baqarah dan surat Al-A'raf terdapat perbedaan dan persamaan. Sehingga penilitian ini fokus tentang analisis wacana pada kedua surat tersebut untuk mengetahui maksud dari perbedaan surat Al-Baqarah dan surat Al-A'raf dalam kisah nabi Musa dan bani Israil. Dari latar belakang tersebut terdapat dua rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian 1) Bagaimana bentuk perbandingan gaya bahasa dalam kisah nabi Musa pada surat Al-Baqarah dan surat Al-A'raf. 2) Bagaimana latar Belakang perbedaan ungkapan gaya bahasa dalam kisah nabi Musa pada surat Al-Baqarah dan surat Al-A'raf. Adapun penelitian merupakan penelitian kepustakaan dan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertuis. Hasil yang didapatkan adA 13 bentuk ungkapan yang berbeda yang terbagi dalam 3 uslub yakni dalam uslub khitobi terdapat 8 bentuk, uslub 'ilmy terdapat 10 bentuk, an uslub adaby terdapat 8 bentuk dan penjelasan latar belakang perbedaan ungkapan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khorida, Ahsanatulahsanatulkhorida@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan
Keywords: Gaya bahasa; takhlil; khitob
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khorida Ahsanatul
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:36
Last Modified: 13 Feb 2018 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item