Retorika dakwah ustadzah Haeen Akira di video youtube: analisis semiotik gaya bahasa dan bahasa tubuh dalam ceramah pemuda masa’ gitu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifah, Aisatul (2018) Retorika dakwah ustadzah Haeen Akira di video youtube: analisis semiotik gaya bahasa dan bahasa tubuh dalam ceramah pemuda masa’ gitu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aisatul Cholifah_B71214030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Retorika Dakwah Ustadzah Haneen Akira (2) Bagaimana gaya bahasa yang digunakan oleh Ustadzah Haneen Akira (3) Bagaimana bahasa tubuh dari Ustadzah Haneen Akira ketika berdakwah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui retorika dakwah ustadzah Haneen Akira di video Youtube berdasarkan teori analisis semiotik model Ferdinan de Saussure. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif non kancah. Kemudian data yang diperoleh, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik Ferdinan De Saussure. Adapun kesimpulan atau hasil dari penelitian ini yaitu Penerapan retorika dakwah dalam tausyiah Ustadzah Haneen Akira adalah: (1) Retorika Ustadzah Haneen Akira Olah Verbal, Teh Haneen menggunakan Bahasa yang bervariasi yakni: bahasa tidak resmi dan bahasa percakapan. Olah Vocal Teh Haneen Akira pengucapan dan pelafalannya jelas. Hampir tidak bergumam. (2) Olah Visual atau Bahasa tubuh dari Ustadzah Haneen Akira tidak banyak dan cenderung sangat sederhana. Hanya menoleh ke kanan, ke kiri, mengangkat tangannya, dan menutup tangannya kedepan. Gaya bicaranya menyesuaikan dengan jamaahnya. Pada penelitian ini telah diteliti gaya bahasa dan bahasa tubuh, maka apabila penelitian ini digunakan sebagai acuan, peneliti selanjutnya bisa meneliti tentang gaya suara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifah, AisatulAisatulcholifah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Internet
Remaja
Keywords: Semiotik; retorika dakwah; youtube
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cholifah Aisatul
Date Deposited: 22 Feb 2018 04:50
Last Modified: 22 Feb 2018 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item View Item