Pesan dakwah K.H. Yazid Bustomi pada program Kajian Islami di Radio MDS FM Tulungagung: analisis wacana Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashudi, Cholid (2018) Pesan dakwah K.H. Yazid Bustomi pada program Kajian Islami di Radio MDS FM Tulungagung: analisis wacana Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cholid Mashudi_B71214016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang salah satu program yang terdapat dalam Radio MDS FM Tulungagung, yaitu Kajian Islami. Penelitian ini layak dilakukan karena belum pernah ada yang meneliti program di radio ini sebelumnya, dan materi yang dikaji merupakan salah satu hal yang sering kita lakukan sehari-hari. Didalamnya mengulas tentang ngaji kitab Syarkhil Hikam oleh K.H. Yazid Bustomi asal Pasuruan. Radio MDS FM merupakan salah satu radio islami yang terdapat di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Program-program yang terdapat didalamnya tentu saja lebih banyak kandungan dakwah islamiyahnya daripada radio komersial pada umumnya. Maka dari itu peneliti berfokus untuk mengkaji bagaimana pesan dakwah yang disampaikan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif teks media, dengan menggunakan elemen analisis wacana model Van Dijk. Sehingga peneliti men-trasnkrip data yang berbentuk audio kedalam bentuk tulisan, yang kemudian peneliti analisis menggunakan elemen-elemen wacana Van Dijk.
Berdasarkan penelitian tentang pesan dakwah Kiai Yazid Bustomi dalam program Kajian Islami radio MDS 91.3 FM Tulungagung, dapat peneliti ambil beberapa kesimpulan yakni: “menerangkan masalah do’a mustajabah, dan hati agar tetap istiqomah ketika do’a diterima atau ditolak itu mudah dipahami oleh masyarakat, bila keterangan itu didasarkan atas kitab yang dijelaskan melalui kalimat deduktif, induktif, dan metafora”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashudi, Cholidmashudiindonesia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Pesan Dakwah; Radio; Kajian Islami;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mashudi Cholid
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:01
Last Modified: 14 Feb 2018 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22981

Actions (login required)

View Item View Item