“INTERNET MEME” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA DI APLIKASI PESAN INSTAN BBM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Dian (2015) “INTERNET MEME” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA DI APLIKASI PESAN INSTAN BBM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Internet meme atau biasa juga hanya disebut meme adalah sebutan untuk sebuah konsep, ide, pemikiran atau karya lainnya yang digunakan di internet secara luas sebagai alternative komunikasi visual secara linear, maupun untuk menggambarkan suatu keadaan, kultur dan hal lainnya dengan cara yang unik. Penggunaan meme oleh masyarakat sangat beragam, mulai dari di jejaring sosial hingga aplikasi online berbasis instant messenger seperti BBM. Untuk meneliti bagaimana dan seperti apa pemanfaatan media ini, maka ada dua batasan masalah yang akan dikaji peneliti, yaitu (1) Bagaimana penggunaan internet meme sebagai media komunikasi visual, serta (2) Bagaimana motivasi mahasiswa dalam penggunaan internet meme di aplikasi pesan instan BBM.
Fenomena ini diselami peneliti dengan menggunakan pendekatan Cyber Culture dimana masnusia sebagai pelaku komunikasi berperan penuh terhadap perubahan teknologi komunikasi dan informasi. Penelitian ini terkategori dalam penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk tujuan penelitian sendiri, peneliti ingin mengetahui bagaimana perilaku penggunaan internet meme oleh mahasiswa dan apa motivasi mereka menggunakannya.
Berdasarkan penelitian, diperoleh data bahwa (1) Pola komunikasi yang berubah saat ini berjalan seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang terjadi di sekeliling subjek. Beralihnya model komunikasi berbasis analog kepada komunikasi virtual menyebabkan aplikasi pesan instan sejenis BBM bermunculan dan melahirkan media komunikasi baru yang bersifat visual seperti internet meme. Jenis meme yang beragam membuat pendistribusian pesan kepada komunikan menjdai lebih efektif dikarenakan pesan didistribusikan secara lebih utuh sehingga kemungkinan adanya noise menjadi berkurang. (2) Ada banyak motivasi yang mendasari seseorang menggunakan meme, dan hal tersebut didasarkan kepada suasana hati si pengguna. Namun pada dasarnya ada empat motif utama yang menjadi landasan mengapa seseorang menggunakan gambar meme, yakni untuk menyindir pihak lain, untuk mengungkapkan isi hati mereka, sebagai sarana saling mengingatkan, dan yang terakhir sebagai ajang eksistensi diri

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Hamdun Sulhan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Komunikasi Antar Pribadi; Pesan Visual; Internet Meme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2015 01:06
Last Modified: 29 Sep 2015 01:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item