Belethek dan penguatan ekonomi kreatif Dusun Patebuan Desa Karang Budi Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ichsan, Qomarul (2018) Belethek dan penguatan ekonomi kreatif Dusun Patebuan Desa Karang Budi Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qomarul Ichsan_B02212022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dusun Patebuan merupakan salah satu Dusun yang berada di Desa Karang Budi Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Di Dusun Patebuan terdapat aset yang sangat melimpah yaitu buah kelapa. Jumlah hasil panen dari buah kelapa yang diangkut dan terjual kepada tengkulak minimal 2.000 buah kelapa dalam satu bulan. Namun, disisi lain keadaan perekonomian dari warga Dusun Patebuan sangat tidak menentu dalam setiap bulan. Dari hal inilah penelitian ini muncul untuk mengubah keadaan perekonomian masyarakat Dusun Patebuan dengan memaksimalkan aset alam di Dusun Patebuan. Penelitian ini menggunakan Metode Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dan mengunakan analisa dari teori David C Korten yaitu pemberdayaan yang memihak pada rakyat yang menekankan kepada kesadaran masyarakat tanpa tekanan, masyarakat memanfaatkan lingkungannya untuk dirinya dan membuat jaringan untuk proyeksi pembelajaran masyaakat sendiri. Dalam metode pendekatan berbasis aset menekankan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat dalam memaksimalkan aset buah kelapa yang dimiliki warga Dusun Patebuan. Seperti mulai dari proses penyadaran terhadap aset, pengorganisasian untuk mengembangkan aset buah kelapa yang diolah menjadi belethek yang dijadikan menjadi icon Dusun Patebuan, hingga menjadikan potensi aset tersebut sebagai pengubah kehidupan masyarakat menuju keberdayaan yang berkelanjutan, tanpa ketergantungan terhadap kehidupan di luar Dusun Patebuan. Hasil dari pendampingan ini adalah masyarakat dengan sendirinya sadar dengan potensi aset yang dimilikinya hingga menggunakan aset tersebut untuk mengembangkan ekonomi warga. Selain dari hal tersebut, warga Dusun Patebuan juga dapat mendirikan kelompok usaha bersama sebagai wadah hingga mengangkat jargon belethek the soul of Patebuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi di Dusun Patebuan Desa Karang Budi Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ichsan, Qomarulrurulqmarul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keterampilan
Pemberdayaan
Keywords: Belethek; penguatan ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ichsan Qomarul
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:46
Last Modified: 14 Feb 2018 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23026

Actions (login required)

View Item View Item