Aktivitas dakwah melalui konvergensi media di Suara Muslim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'rifah, Nidaul (2018) Aktivitas dakwah melalui konvergensi media di Suara Muslim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nidaul Ma'rifah_B01214006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Apa kelebihan melakukan aktivitas dakwah melalui konvergensi media di Suara Muslim Surabaya (2) Apa dampak konvergensi media terhadap aktivitas dakwah di Suara Muslim Surabaya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apa saja kelebihan melakukan aktivitas dakwah melalui konvergensi media di Suara Muslim Surabaya dan untuk mengetahui dampak konvergensi media terhadap aktivitas dakwah di Suara Muslim Surabaya.
Untuk mengindentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Kemudian data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskripstif bersifat induktif dengan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dengan melakukan konvergensi media Suara Muslim dapat berdakwah dengan jaringan yang lebih luas lagi, dan bentuk aktivitas dakwah semakin menyeluruh contohnya dakwah bil-Lisan melalui radio, dakwah bil-Hal melalui program off air, dan dakwah bil-Qalam melalui tulisan-tulisan yang dimuat di akun media sosial dan media digital lainnya. Sedangkan dampak konvergensi media terhadap aktivitas dakwah adalah penggunaan media sebagai sarana berdakwah menjadi lebih efektif dan saling kerja sama.
Penelitian ini membahas fokus mengenai kelebihan, dampak dan kesuksesan aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Suara Muslim Surabaya dengan melakukan konvergensi media saja, oleh sebab itu diharapkan untuk peneliti selanjutnya, melakukan penelitian mengenai keberhasilan dakwah melalui program yang dilakukan Suara Muslim Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'rifah, Nidauldaulmarifah87@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Komunikasi
Keywords: Aktivitas Dakwah; Konvergensi Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ma'rifah Nidaul
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:34
Last Modified: 15 Feb 2018 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23051

Actions (login required)

View Item View Item