Metode dakwah bi al Lisan Da'iyah Khoiriyah dalam membina akhlak remaja di kampung Mataram kelurahan Putat Jaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramdan, Irsyad (2018) Metode dakwah bi al Lisan Da'iyah Khoiriyah dalam membina akhlak remaja di kampung Mataram kelurahan Putat Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Irsyad Ramdan_B71213046.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada metode dakwah bi al-lisan da’iyah Khoiriyah di Kampung Mataram, Putat Jaya, Surabaya. Membahas tentang beberapa metode yang digunakan oleh da’iyah Khoiriyah dalam membina akhlak remaja di Kampung Mataram. Adapun metode dakwah bi al-lisan yang digunakan diantaranya: 1) Metode Dakwah Ceramah 2) Metode Dakwah Diskusi 3) Metode Dakwah Konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif yaitu menguraikan seluruh konsep yang ada hubungannya dengan pembahasan penelitian dan alasan peneliti menggunakan analisis deskriptif. Adapun penelitian ini mendeskripsikan metode dakwah da’iyah Khoiriyah dan berusaha menampilkan secara utuh kondisi di lapangan dengan mengamati dan memaparkannya secara komprehensif. Dari penelitian yang dilakukan, maka ditemukan beberapa hasil dan temuan yang ada di lapangan. Pertama, Metode Ceramah yang dalam hal ini da’iyah Khoiriyah mengadakan pembinaan secara melingkar (halaqah) yang membahas tentang kitab yang berkaitan dengan adab dan akidah. Kedua, dalam Metode Dakwah Diskusi, da’iyah Khoiriyah menggunakan model informal debate dengan metode brainstorming. Lewat berbagai pertanyaan, da’iyah Khoiriyah dapat mengarahkan binaannya untuk berpikir dan merubah sikap serta perilakunya. Ketiga, Dalam Metode Dakwah Konseling, da’iyah Khoiriyah menngunakan teknik non-derektif. berdakwah dengan mengerti dan memahami kondisi para remaja binaannya, sehingga beliau bisa membantu menyelesaikan masalah mereka sendiri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka skripsi dengan judul Metode Dakwah Da’iyah Khoiriyah Dalam Membina Akhlak Remaja di Kampung Mataram Putat Jaya Surabaya, maka peneliti merekomendasikan kepada para pembaca agar mengangkat judul penelitian yang berkaitan dengan pengaruh pesan dakwah dai’yah Khoiriyah di Kampung Mataram Putat Jaya Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramdan, Irsyadirsyadramdan46@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Metode dakwah; akhlak remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ramdan Irsyad
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:18
Last Modified: 14 Feb 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item View Item