المحسّنات اللفظية في رواية رأيت رام الله لمريد البرغوثي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mar'atusholihah, Mar'atusholihah (2018) المحسّنات اللفظية في رواية رأيت رام الله لمريد البرغوثي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atusholihah_A91214115.pdf

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Al-Muḥassinat al-Lafẓiyah Fī Riwāyah “Roaitu Rāmallah” Li Mourid al-Barghouti. Novel roaitu Ramallah adalah novel karya Mourid al-Barghouti yang menggambarkan tentang kondisi sosial masyarakat serta konflik politik di negara Palestina dan menceritakan tentang kehidupan Mourid al-Barghouti. Mourid al-Barghouti adalah seorang penyair dan novelis modern. Karya-karyanya selalu menggunakan kata-kata yang indah dan imajinatif, sehingga pada penelitian ini penulis tertarik untuk mengkaji tentang keindahan lafadẓ (al-muḥassinat al-lafẓiyah).Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1. Apa saja kalimat yang mengandung al-muḥassinat al-lafẓiyah fii riwayah roaitu Rāmallah? 2. Apa saja bentuk al-muḥassinat al-lafẓiyah fii riwayah roaitu Rāmallah?. Penelitian ini hanya fokus pada tiga macam al-muḥassinat al-lafẓiyah yaitu jinas, sajak, dan iqtibas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode pengumpulan data yang berupa kalimat-kalimat tanpa ada unsur statistik. Data dalam penilitian ini berupa kalimat-kalimat yang mengandung al-muḥassinat al-lafẓiyah, sedangkan sumber datanya adalah novel roaitu rāmallah karya Mourid al-Barghouti.Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian tentang al-muḥassinat al-lafẓiyah dalam novel roaitu Rāmallah karya Mourid al-Barghouti adalah ditemukan data sebanyak 12 jinas yaitu dua lafadz yang memiliki persamaan dalam empat hal yakni huruf, jumlah huruf, harakat, susunannya tetapi berbeda makna, terdapat 10 sajak yaitu dua lafadz yang memiliki persamaan pada huruf akhir, dan iqtibas yaitu pengutipan ayat al-Qur’an atau hadis nabi, baik dalam kalimat yang berbentuk prosa atau syiir, akan tetapi dalam penelitian ini tidak ditemukan kalimat yang menunjukkan iqtibas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mar'atusholihah, Mar'atusholihahlikahmatus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Keindahan lafadz; nofel Roaitu Ramallah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mar'atusholihah Mar'atusholihah
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:29
Last Modified: 14 Feb 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23110

Actions (login required)

View Item View Item