Membangun kreatifitas ibu-ibu fatayat dalam bidang budidaya sayur dengan menggunakan metode hidroponik di Dusun Sejajar Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Sholihatun (2018) Membangun kreatifitas ibu-ibu fatayat dalam bidang budidaya sayur dengan menggunakan metode hidroponik di Dusun Sejajar Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sholihatun Nisa'_B02213048.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada Ibu-ibu Fatayat untuk membangun kreatifitas dalam budidaya sayur. Dengan menyadarkan masyarakat tentang aset yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka, serta memanfaatkan keterampilan yang dimiliki masyarakatnya sendiri. Teori ini menggunakan teori sustainable livelihood yang dikemukakan oleh Olivier Serrat mengatakan bahwa penghidupan terdiri dari kemampuan, aset dan aktifitas yang diperlukan untuk hidup. “A livelihood comprises the capabilities, asets, and activities required for a means of living”. Sehingga dalam kehidupan manusia itu untuk tetap bisa bertahan dibutuhkan kemampuan dan aset (sumberdaya, kepercayaan, tagihan dll) dalam memenuhi kebutuhan hidup sehariharinya. Pendekatan ini menggunakan pendekatan berbasis aset/ kekuatan atau sering disebut dengan ABCD (Asset Bassed Community Development). ABCD merupakan pendekatan pendampingan yang mengutamakan pemanfaatan potensi atau aset yang dimiliki masyarakat setempat. Modal terbesar dalam proses pemberdayaan yaitu keinginan masyarakat sendiri untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Apapun potensi yang dimiliki masyarakat akan terasa sangat berguna apabila potensi tersebut dimanfaatkan dengan baik dan benar. Fasilitator dalam hal ini melakukan pendampingan dengan pendekatan berbasis aset berupaya untuk mengubah pola pikir ibu-ibu fatayat dalam proses perubahan, serta dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk membangun kesejahteraan keluarga. Melalui program aksi seperti melakukan pelatihan penanaman sayur dengan metode hidroponik sehingga menghasilkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu fatayat untuk memanfaatkan aset dan ketrampilan yang mereka miliki. Kemudian dalam pemberdayaan ini mampu untuk melakukan perubahan sosial masyarakat dalam membangun dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Sholihatunninisn31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Wanita
Keywords: Kesadaran aset; budidaya sayur hidroponik; pemberdayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nisa Sholihatun
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:19
Last Modified: 22 Feb 2018 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23149

Actions (login required)

View Item View Item