المحسّنات اللفظية في مقامة العبادة للإمام الزمخشري: دراسة تحليلية بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Fathur Rohmatin Niam Sayyidahayyidah (2018) المحسّنات اللفظية في مقامة العبادة للإمام الزمخشري: دراسة تحليلية بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fathur Rohmatin Niam Sayyidah Aisyah_A01214009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keindahan lafadz (al muhassinat al lafdziyah )pada suatu karya sastra dan ini merupakan bagian dari ilmu badi’. Salah satu karya sastra yang diambil dalam penelitian ini adalah Maqamat karya Imam Al Zamakhsyari yang berjudul Maqamat Ibadah, beliau seorang ulama’ besar ahli dalam bidang bahasa, sastra, balagoh, dan tafsir. Maqamat ini banyak mengandung unsur-unsur keindahan lafadz yang membuat peneliti menarik untuk dikaji. Adapun permasalahan dalam kajian ini adalah: a. Bagaimana kata yang mengandung Al Muhassinat Al Lafdziyah dalam Maqamat Ibadah karya Imam Al Zamakhsyari?, b. Apa saja macam-macam Al Muhassinat Al Lafdziyah dalam Maqamat Ibadah karya Imam Al Zamakhsyari? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ilmu balaghoh, dan hanya fokus pada ilmu badi’ karna didalamnya terdapat unsur-unsur keindahan lafdz yang terdiri dari: Jinas yaitu dua lafadz (kata) yang sama dalam ucapannya tetapi berbeda dalam maknanya, Saja’ yaitu kesamaan huruf akhir pada dua susunan kalimat atau lebih sehingga membentuk bunyi dan nada huruf yang indah, dan Iqtibas yaitu pengutipan ayat al qur’an atau hadits nabi, baik dalam kalimat yang berbentuk prosa atau syair tanpa memberi petunjuk bahwa itu dari Al qur’an atau Hadits. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu metode penelitian yang tidak menggunakan angka tetapi dengan mengumpulkan data-data dari sumber tanpa menggunakan angka-angka penjumlahan. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: membaca, dan memahami konsep-konsep atau teori yang berkaitan dengan al muhassinat al lafdziyah. Mengumpulkan data berdasarkan refrensi dan menyusun hasil penelitian secara sistematis. Adapun hasil penelitian dalam Maqamat Ibadah karya Imam Al Zamakhsyari yaitu terdapat 15 kata Jinas, 20 kata Saja’, akan tetapi dalam penelitian ini tidak menemukan kalimat yang menujukkan Iqtibas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Fathur Rohmatin Niam Sayyidahayyidahaiesyah.hamid0510@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Al muhassinat; al lafdziyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aisyah Fathur Rohmatin Niam Sayyidah
Date Deposited: 19 Feb 2018 07:54
Last Modified: 19 Feb 2018 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23158

Actions (login required)

View Item View Item