Peran Dinas Sosial dalam pembinaan anak jalanan dan anak putus sekolah : studi kasus di Unit Pelaksana Teknis Daerah Kampung Anak Negeri Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahardi, Ongky Karisma (2018) Peran Dinas Sosial dalam pembinaan anak jalanan dan anak putus sekolah : studi kasus di Unit Pelaksana Teknis Daerah Kampung Anak Negeri Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ongky Karisma Mahardi_I93214053.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada tiga yakni pelaksanaan pembinaan di Kampung Anak Negeri, evaluasi program pembinaan dan pembinaan anak jalanan dan anak putus sekolah di Kampung Anak Negeri dalam kajian dramaturgi.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisa Peran Dinas Sosial Dalam Pembinaan Anak Jalanan dan Anak Putus Sekolah (Studi Kasus di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kampung Anak Negeri Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya) ialah teori Dramaturgi Erving Goffman.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) Dinas Sosial Surabaya bagian dari tata pemerintah Kota Surabaya mempunyai misi menuntaskan masalah kesejahteraan sosial kususnya anak jalanan dan anak putus sekolah. Karenanya dibentuk UPTD Kampung Anak Negeri sebagai tempat pembinaan untuk anak jalanan dan anak putus sekolah. Pembinaan tersebut meliputi bimbingan mental spiritual, kedisiplinan, kemandirian, jasmani, sosial, minat, dan kognitif. (2) Kendala dan evaluasi dilakukan Kampung Anak Negeri bertujuan untuk mengetahui permasalahan serta keberhasilan pembinaan terhadap anak jalanan dan anak putus sekolah. Dan bila anak telah selesai dan berhasil menjalani kegiatan pembinaan, Kampung Anak Negeri akan membantu memberikan akses dan fasilitas bagi anak tersebut. (3) Dramaturgi harus dilakukan saat pelaksanaan pembinaan anak jalanan dan anak putus sekolah, jalanan yang menjadi asal anak-anak menambah tenaga ekstra yang harus dikeluarkan dalam pembinaan. Dramaturgi termasuk dalam strategi yang digunakan oleh pembina atau pembimbing dalam membina anak jalanan di Kampung Anak Negeri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahardi, Ongky Karismaongkykarismamahardi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Anak Jalanan
Sosiologi
Keywords: Pembinaan; Dinas Sosial; Anak Jalanan; Dramaturgi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ongky Karisma Mahardi
Date Deposited: 15 Feb 2018 07:45
Last Modified: 15 Feb 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23166

Actions (login required)

View Item View Item