Penerapan strategi al-Ta’bir al-Musawwar pada mata pelajaran Bahasa Arab materi al-Adawat al-Madrasiyyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Miftahul Khoir III Purwosari Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Diah Kurniatun (2018) Penerapan strategi al-Ta’bir al-Musawwar pada mata pelajaran Bahasa Arab materi al-Adawat al-Madrasiyyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Miftahul Khoir III Purwosari Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diah Kurniatun Ni'mah_D77214061.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena kurangnya penguasaan kosakata dalam pelajaran Bahasa Arab materi al-Adawat al-Madrasiyyah. Sehingga mempengaruhi kemampuan keterampilan berbicara dalam Bahasa Arab siswa dan siswa kurang antusias ketika pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi Al-Ta’bir al-Musawwar. Rumusan maslaah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Al-Ta’bir al Musawwar pada mata pelajaran Bahasa Arab materi al-Adawat al-Madrasiyyah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Miftahul Khoir III Purwosari Pasuruan? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Miftahul Khoir III Purwosari Pasuruan pada mata pelajaran Bahasa Arab materi al-Adawat al-Madrasiyyah dengan menggunakan strategi Al-Ta’bir al-Musawwar? PTK ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model penelitian teori Kurt Lewin yang memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Cara pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, non tes dan dokumentasi. Penerapan strategi Al-Ta’bir al-Musawwar pada penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 78,12 meningkat menjadi 93,75 pada siklus II. Perolehan nilai hasil observasi siswa pada siklus I 72,2 meningkat menjadi 91,6 pada siklus II. Peningkatan keterampilan berbicara dapat dilihat dari perolehan hasil nilai siswa ketika praktek berbicara Bahasa Arab. Pada kegiatan pra siklus diperoleh nilai dengan rata-rata kelas 63,3 dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu dengan nilai 66. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 81,3. Berdasarkan hasil yang diperoleh penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan dapat berjalan dengan sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Diah Kurniatunmudizayama@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Keterampilan Berbicara Siswa; Bahasa Arab; Strategi al-Ta’bir al-Musawwar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ni'mah Diah Kurniatun
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:57
Last Modified: 14 Feb 2018 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23170

Actions (login required)

View Item View Item