Retorika Ustadz Hanan Attaki dalam berceramah di Masjid Agung Bandung: analisis semiotik model Ferdinand De Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Ma'rufah, Nadiatan (2018) Retorika Ustadz Hanan Attaki dalam berceramah di Masjid Agung Bandung: analisis semiotik model Ferdinand De Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nadiatan Al Ma'rufah_B71214053.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Gaya Bahasa Ustadz Hanan Attaki dalam berceramah di Masjid Agung Bandung (2) Bagaimana Gaya Suara Ustadz Hanan Attaki dalam berceramah di Masjid Agung Bandung (3) Bagaimana Gaya Gerak Tubuh Ustadz Hanan Attaki dalam berceramah di Masjid Agung Bandung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana gaya retorika yang meliputi gaya bahasa, gaya suara, dan gaya gerak tubuh Ustadz Hanan Attaki dalam berceramah di Masjid Agung Bandung berdasarkan analisis semiotik model Ferdinan De Saussure.Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan model kualitatif non kancah. Kemudian data yang diperoleh, dan hasil observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis semotik model Ferdinan De Saussure. Adapun hasil penelitian ini gaya retorika ustadz hanan Attaki mulai dari gaya bahasa, adalah menggunakan bahasa tidak resmi, gaya bahasa sederhana, gaya bahasa menengah, epizeuksis, tautotes. Adapun gaya suara beliau adalah mampu memainkan pitch mulai nada 1 hingga nada 3. Sedangkan untuk gaya gerak tubuh beliau adalah padangan menyeluruh, tersenyum, menggunakan gerakan jari, untuk pakaian bersifat santai dan gaul, untuk mengimbangi mad’u yang dominan anak muda.Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, rekomendasi untuk berikutnya adalah dilakukan penelitian mendalam dengan data tentang persepsi dari pendengar sekaligus menggunakan metode kuantitatif sehingga ada hasil nominal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Ma'rufah, Nadiatannadiatanalmarufah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Semiotika
Keywords: Analisis Semiotik; Model Ferdinan De Saussure; Gaya retorika ceramah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ma'rufah Nadiatan Al
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:43
Last Modified: 14 Feb 2018 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23243

Actions (login required)

View Item View Item