Komunikasi sosial siswa Pecinta Alam SMAN 16 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiudin, Mohammad (2018) Komunikasi sosial siswa Pecinta Alam SMAN 16 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Sofiudin_B06212068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa pola komunikasi sosial siswa pecinta alam SMAN 16 Surabaya, (2) Apa yang menjadi penghambat komunikasi sosial siswa pecinta alam SMAN 16 Surabaya. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan data mengenai komunikasi sosial yang ada pada siswa pecinta alam SMAN 16 Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis, sehingga diperoleh data mengenai komunikasi sosial yang ada pada siswa pecinta alam SMAN 16 Surabaya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Komunikasi sosial di dalam ekstrakulikuler secara kekeluargaan yang menjadikan terapan dalam ekstrakulikuler ini merupakan bentuk komunikasi terbuka bersifat informatif dalam penyampaian pesan yang sangat efektif dan efisien. (2) Komunikasi secara langsung dari pimpinan kepada bawahan, merupakan otoritas dan kebijakan seorang pemimpin terhadap anggotanya. Beberapa saran yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah (1) Proses komunikasi dengan memakai sistem kekeluargaan selalu digunakan, dikarenakan dengan sistem kekeluargaan tersebut akan terjalin hubungan harmonis, damai, nyaman dalam bekerja sehingga tidak dapat terpisahkan satu sama lain oleh apapun itu sebab dan akibat maupun hubungan jarak antara pimpinan dengan anggota bahkan sebaliknya anggota dengan pimpinan. (2) Komunikasi sosial dalam ekstrakulikuler GASSNAPALA terdiri dari arus komunikasi dari atas ke bawah, arus komunikasi dari bawah ke atas, dan arus komunikasi horisontal. Supaya kinerja satu sama lain dapat diketahui dari kekurangan maupun kelebihan dan tetap visi, misi, dan aturan-aturan yang ada dalam ekstrakulikuler. Serta penyampaian pesan dengan lisan lebih efektif daripada pesan dari media komunikasi yang dimana bisa menjadi kesalah pahaman dalam menyampaikan informasi yang lebih efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiudin, Mohammadsofiudin68@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Keywords: Komunikasi sosial; siswa; ekstrakulikuler
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sofiudin Mohammad
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:45
Last Modified: 14 Feb 2018 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23253

Actions (login required)

View Item View Item