Interaksi mahasiswa antar negara : studi interaksi sosial antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Arintias (2018) Interaksi mahasiswa antar negara : studi interaksi sosial antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arintias Novitasari_I73214014.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil lapangan tentang Interaksi Antara Mahasiswa Indonesia dan Mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, penelitian ini menjawab beberapa permasalahan di rumusan masalah, diantaranya: 1)Bagaimana interaksi sosial antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya?, 2)Apa saja kendala dalam interaksi mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia dan bagaimana solusinya?. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi di lapangan, lalu wawancara dengan subyek yang telah ditentukan, serta dokumentasi sebagai bukti untuk menunjang keaslian dalam penelitian ini. Selanjutnya Teori yang digunakan dalam melihat Fenomena yang terjadi pada interaksi antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya adalah teori Interaksionisme Simbolik dari George Herbert Mead. Adapun Hasil penelitian yang ditemukan adalah;(1) Interaksi yang terjadi antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yaitu: a) Interaksi Formal, terjadinya interaksi antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia dikarenakan sama-sama berada dalam satu tempat formal atau bisa disebut dalam forum kelas b) Interaksi Non Formal antara mahasiswa Indonesia dan Malaysia terjadi dalam beberapa kesempatan, seperti diskusi, kegiatan kampus, dan interaksi sehari-hari (2) Adapun kendala yang muncul ketika mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia berinteraksi yaitu: a) Bahasa, b) Budaya, kendala bahasa dan juga budaya sering kali muncul dalam interaksi mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia dimana mereka memang berbeda negara sehingga dari bahasa dan budayapun banyak perbedaan. Adapun solusi mereka dalam menghadapi kendala yaitu dengan sering bertanya kepada teman Indonesia ataupun Malaysia, lalu setiap interaksi mereka sering kali mengunakan gesture atau isyarat badan dan simbol-simbol untuk memperjelas maksud dari interaksi mereka, sehingga di mengerti dan dipahami oleh mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Malaysia tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Arintiasarintyas.novita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Interaksi; Malaysia; Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Novitasari Arintias
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:37
Last Modified: 15 Feb 2018 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item View Item