Pemberdayaan ekonomi masyatakat melalui peningkatan kapasitas kelompok sadar wisata dan inovasi Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murianti, Titik (2018) Pemberdayaan ekonomi masyatakat melalui peningkatan kapasitas kelompok sadar wisata dan inovasi Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Titik Muriyanti_B02213051.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Duren Sari sebagai salah satu entitas komunitas di Desa Sawahan memiliki kontribusi penting dalam rangka mendukung program pembangunan desa. Sebagai kelompok/komunitas yang memiliki dedikasi dalam bidang kepariwisataan, Pokdarwis memegang peran sentral dalam pembangunan kepariwisataan di Desa Sawahan. Oleh karenanya Pokdarwis memiliki tantangan ke depan untuk senantiasa berbenah dalam kerangka menjawab setiap tantangan perubahan di bidang kewirausahaan sosial, terutama bidang kepariwisataan. Melalui program pendampingan pada Pokdarwis Duren Sari, kegiatan pemberdayaan diarahkan untuk meningkatkan kapasitas dan skill Pokdarwis dalam mengelolah dan mengembangkan desa wisata di Desa Sawahan. Adapun metodologi yang digunakan ialah Aset Based Community Development (ABCD), atau yang biasa dikenal dengan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pada Aset, dengan pendekatan teknik Appreciatve Inquiry (AI), yang berdasarkan siklus 5D. ABCD memiliki cara pandang baru dalam melihat realitas yang ada pada masyarakat. Di mana masyarakat dipandang sebagai sumber daya yang kaya akan potensi. Melalui teknik ini masyarakat diajak untuk menemukenali dan menggunakan setiap asset dan potensi yang dimiliki untuk memulai perubahan yang lebih baik. Melalui program pendidikan sapta pesona wisata, pelatihan manajemen pengelolaan home stay, dan inovasi obyek daya tarik wisata dan paket wisata, Pokdarwis Duren Sari didampingi agar mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki guna meningkatkan daya saing. Sehingga, ke depan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan Pokdarwis khususnya dan masyarakat desa Sawahan pada umumnya melalui kewirausahaan sosial desa wisata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murianti, Titikrianti1220@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pendampingan; Komunitas Pokdarwis; Desa Wisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Murianti Titik
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:21
Last Modified: 19 Feb 2018 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23288

Actions (login required)

View Item View Item