Analisis implikasi program Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF Surabaya terhadap peningkatan pendapatan anggota di Kelurahan Mojo, Gubeng tahun 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashiroh, Istimrorun (2018) Analisis implikasi program Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF Surabaya terhadap peningkatan pendapatan anggota di Kelurahan Mojo, Gubeng tahun 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Istimrorun Nashiroh_C04212018.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang kondisi tingkat pendapatan anggota KUM YDSF Surabaya sebelum maupun setelah mendapatkan bantuan modal serta implikasi yang terjadi dari adanya program KUM tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data tersebut diperoleh dengan cara wawancara (rechecking), observasi, studi dokumentasi dan literatur yang relevan, serta dianalisis dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini disampaikan dalam bentuk naskah narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan 16 orang anggota KUM di Kelurahan Mojo, Gubeng Surabaya pada tahun 2017 ini membuahkan hasil yang baik. Pendapatan mereka mengalami peningkatan rata-rata sebesar 78%. Mereka juga mampu mengembangkan usaha lain demi menunjang usaha utama yang mereka jalani selama ini. Kemudian implikasi program KUM yang dominan berpengaruh adalah implikasi positif. Dimana implikasi positif ini memberikan kontribusi baik bagi masyarakat, terutama bagi anggota KUM itu sendiri. Adanya program KUM sangat membantu para pengusaha di tingkat UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk mengembangkan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashiroh, Istimrorunvhevenaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Komunitas Usaha Mandiri (KUM); YDSF Surabaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nashiroh Istimrorun
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:50
Last Modified: 19 Feb 2018 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23317

Actions (login required)

View Item View Item