Peran panti sosial dalam pelaksanaan bimbingan karir pada remaja putus sekolah : studi di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjannah, Tristin (2018) Peran panti sosial dalam pelaksanaan bimbingan karir pada remaja putus sekolah : studi di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Tristin nurjannah_I73214045.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana peran panti sosial dalam pembinaan remaja putus sekolah di UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang?. 2. Bagaimana pelaksanaan bimbingan karir pada remaja putus sekolah di UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja Jombang?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui peranan yang ada dalam panti sosial melalui pembinaan dalam menunjang keberhasilan bimbingan karir pada remaja putus sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat peran panti sosial dalam pelaksanaan bimbingan karir pada remaja putus sekolah adalah teori Struktural Fungsional oleh Talcott Parsons. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Panti sosial memiliki peran sebagai pengganti fungsi keluarga yang merupakan tugas dari keluarga asuh selama berada di wisma. Selain itu pekerja sosial juga berperan dalam pembinaan remaja putus sekolah melalui bimbingan fisik, bimbingan mental, bimbingan sosial. (2). Pelaksanaan bimbingan karir pada remaja putus sekolah menitikberatkan pada praktek dengan porsi kurikulum 75% untuk praktek dan 25% untuk teori. Jurusan bimbingan karir di PSBR jombang antara lain, menjahit, tata rias, otomotif dan elektro. Tahap akhir dari pelaksanaan bimbingan karir adalah praktik belajar kerja (PBK) yang bertujuan agar remaja binaan dapat mempraktikkan apa yang telah di dapat selama mengikuti pelatihan bimbingan karir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjannah, Tristinristin.nj@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Sosiologi
Keywords: Panti Sosial; Bimbingan Karir; Remaja putus sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nurjannah Tristin
Date Deposited: 20 Feb 2018 02:30
Last Modified: 20 Feb 2018 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23379

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item