NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 43-44 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badruttamam, Muhammad (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 43-44 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi pendidikan saat yang masih belum bisa mencapai sebuah tujuan pendidikan Islam yang sebenarnya, bagaimana menjadikan seorang peserta didik yang cerdas, terampil dan berakhlak mulia. Dalam surat an-Nahl ayat 43-44 ada beberapa nilai pendidikn yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam surat an-Nahl ayat 43-44? (2). Bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan dalam surat an-Nahl ayat 43-44 terhadap tujuan pendidikan Islam?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menganalisis dengan jenis penelitian kualitatif dengan model kepustakaan atau library research. Dengan menggunakan metode Tahlili. Dan menggunakan penafsiran kitab tafsir Ibn Katsi, tafsir al-Maraghi, dan tafsir al-Misbah.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa surat an-Nahl ayat 43-44 mempunyai tiga nilai pendidikan untuk mencapai pada tujuan Pendidikan Islam. 1). Nilai pendidikan keimanan. 2). Nilai pendidikan syari’ah. 3). Nilai pendidikan tentang kisah.
Dari ketiga nilai tersebut mempunyai peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang ada dalam ayat tersebut ada pengaruhnya dengan tujuan pendidikan Islam. Bahwa tujuan pendidikan Islam pada hakikatnya adalah membentuk Insan kamil, dan salah satu dimensi Insan kamil adalah mempunyai aqidah yang kuat agar peserta didik untuk tetap menjaga keimanannya dalam melakukan suatu hal apapun, mempunyai syariah yang benar yang mampu menjalankan kehidupan sesuai ajaran Islam. Hal ini senada dengan tujuan umum pendidikan Islam, sehingga nilai-nilai yang ada di surat an-Nahl ayat 43-44 mempunyai impikasi terhadap tujuan umum yaitu berusaha mendidik individu mukmin agar tunduk, bertakwa dan beribadah dengan baik kepada Allah SWT, sehingga memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M.Nawawi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badruttamam, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Keywords: Nilai Pendidikan; Tujuan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 02:45
Last Modified: 19 Oct 2015 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item View Item