PROBLEMATIKA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP YAMASSA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nurul (2015) PROBLEMATIKA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP YAMASSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar adalah lingkungan yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah sebagai sumber pengetahuan dapat berupa manusia atau bukan manusia.1 Kehadiran sumber belajar dalam proses belajar mengajar mempunyai arti yang cukup penting.
Sedangkan permasalahan yang diambil adalah bagaimana sumber belajar di SMP Yamassa Surabaya, bagaimana profesionalisme guru di SMP Yamassa Surabaya, dan bagaimana problematika pemanfaatan sumber belajar oleh guru pendidikan agama islam di SMP Yamassa Surabaya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan deskripti fkualitatif, ataupun metode yang di gunakan adalah observasi, wawancara , dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data statistik.
Beberapa problematika atau masalah-masalah yang dihadapi guru PAI dalam usaha pemanfaatan sumber belajar antara lain: Pertama, guru PAI masih belum dapat menggunakan/mengoperasikan sumber belajar jenistertentumisalnya OHP, video, tipe recorder, LCD dantelevisi. Kedua, guru PAI menghadapi heterogenitas dan karakteristik anak didik yang berbeda-beda. Yang Ketiga, permasalahan dari sumber belajar itu sendiri misalnya sumber balajar masih terbatas dan pengoperasiannya yang rumit. Jalan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di atas antara lain: Pertama, meningkatkan kompetensi professional guru dalam menggunakan dan mengoperasionalkan sumber belajar baik melalui pelatihan-pelatihan maupun dengan belajar pada teman/tutor sebaya. Kedua, heterogenitas dan karakteristik anak didik cara mengatasinya yaitu memberi bimbingan atau pendampingan pada anak didik secara berkelompok maupun individual. Selain itu bias juga memanfaatkan sumber belajar yang bersifat konkrit dan langsung yang ada di masyarakat. Ketiga, perlu penambahan sumber belajar baik melalui membuat sendiri sumber belajar yang sederhana maupun dengan membeli

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ah. Zakki Fuad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Sumber Belajar; Guru Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 02:58
Last Modified: 19 Oct 2015 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item