Analisis hukum Islam terhadap pemberian mahar berupa hafalan Alquran di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermi, Hermi (2018) Analisis hukum Islam terhadap pemberian mahar berupa hafalan Alquran di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hermi_C01213038.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan (field research) yang berjudul “Analisis Hukum Islam terhadap Pemberian Mahar Berupa Hafalan Alquran di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana deskripsi pemberian mahar berupa hafalan alquran, serta analisis hukum Islam terhadap pemberian mahar berupa hafalan alquran yang ditinjau dari hadis dan ulama fikih. Sumber data dalam penelitian lapangan ini yaitu pihak mempelai, keluarga perempuan dan modin. Dalam memgumpulkan data menggunakan teknik wawancara sehingga yang diperoleh datanya berupa data tentang pengertian mahar berupa hafalan Alquran, proses pemberiannya dan faktor adanya mahar berupa hafalan Alquran. Analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan mendiskripsikan kasus yang ada pada mahar berupa hafalan Alquran di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, serta menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam praktek pemberian mahar yang berupa hafalan alquran hukumya mubah asal memenuhi syarat yang sesuai dengan hukum Islam dan untuk menjaga keutuhan dari mahar itu sendiri yaitu sebuah pemberian yang biasanya menggunakan harta maka perlu ditambahkan dengan mahar lainnya seperti harta, emas atau barang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, di dalam pernikahan lebih baik cukup dengan mahar berupa harta, emas, atau barang demi menjaga arti mahar yang sebenarnya yaitu pemberian yang pada umumnya adalah harta serta menjaga kemaslahatan dan sama dengan pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermi, HermiHermiromadhon@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Maskawin
Keywords: Mahar; Hafalan al Quran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Hermi Hermi
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:23
Last Modified: 20 Feb 2018 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23460

Actions (login required)

View Item View Item