ANALISIS MANAJEMEN ISLAMI DALAM KEBERLANGSUNGAN BISNIS WIRAUSAHA MUSLIMAH ETNIS ARAB DI SENTRA WISATA RELIGI AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pahlawanti, Yanis Novia (2015) ANALISIS MANAJEMEN ISLAMI DALAM KEBERLANGSUNGAN BISNIS WIRAUSAHA MUSLIMAH ETNIS ARAB DI SENTRA WISATA RELIGI AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian untuk menjawab sebuah rumusan masalah bagaimana penerapan manajemen Islami yang dilakukan oleh wirusaha muslimah etnis Arab di Sentra Wisata Religi Ampel Surabaya dan bagaimana peranan manajemen Islami tersebut dalam keberlangsungan bisnis untuk jangka panjang.
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi serta dialami oleh objek penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dalam pengambilan data primer. Ruang lingkup penelitian terbatas memfokuskan pada pengusaha muslimah etnis Arab di Sentra Wisata Religi Ampel dan mencari jawaban bagaimana penerapan manajemen bisnis Islami berperan dalam keberlangsungan bisnisnya.
Hasil penelitian ini adalah manajemen bisnis Islami berperan positif dalam keberlangsungan bisnis, melalui pertumbuhan dan perkembangan bisnis serta dapat bertahan hingga saat ini. Wirausaha muslimah etnis Arab yang menerapkan manajemen bisnis Islami mampu menciptakan sebuah sitem yang menyenangkan dalam perjalanan bisnisnya. Tidak hanya kesenangan soal dunia saja, tapi dari sistem bisnis itu pula dapat diraih kesenangan atau kebahagiaan di akhirat. Manajemen bisnis Islami dapat dilihat dari 3 aspek yang melekat pada keberlangsungan bisnis yaitu pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. Manajemen bisnis Islami yang diaplikasikan di setiap aspek mampu berperan positif bagi keberlangsungan bisnis muslimah etnis Arab karena secara keseluruhan dapat bersinergi dengan baik. Selain itu tidak hanya keselarasan tiga aspek tersebut saja yang kemudian menjadikan menarik hasil dari penelitian ini, tetapi cara bertahan dari muslimah etnis Arab di tengah arus persaingan yang semakin bergelombang juga akan menjadi tolak ukur seberapa konsistennya manajemen bisnis Islami itu untuk terus diterapkan selama berjalannya bisnis.
Semua pencapaian selama berlangsungnya bisnis bagi wirausaha muslimah etnis Arab selain dari sisi financial, ternyata mereka juga memaknainya melalui keberkahan rezeki dan keridhaan Allah SWT atas bisnis tersebut, serta kemampuan mereka menjaga komitmen untuk senantiasa menerapkan anjuran-anjuran agama dalam manajemen bisnis banyak memberikan manfaat bagi orang lain

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mugiyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pahlawanti, Yanis NoviaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Manajemen Islami; Bisnis; Wirausaha Muslimah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2015 01:07
Last Modified: 20 Oct 2015 01:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item