Wacana pluralisme dan dialog antar umat agama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muktafi, Muktafi (2017) Wacana pluralisme dan dialog antar umat agama. In: Proceeding of the International Cobference on muslim society and thought, 3-4 Oktober 2017, Surabaya – Indonesia.

[img]
Preview
Text
Muktafi_Wacana pluralisme dan dialog antar umat agama.pdf

Download (702kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23754

Abstract

Berbicara mengenai agama bagaikan berbicara tentang suatu paradoks. Di satu pihak, agama dialami sebagai jalan dan penjamin keselamatan, cinta dan perdamaian. Di lain pihak, sejarah membuktikan, agama justru menjadi sumber, penyebab, dan alasan bagi kehancuran dan kemalangan umat manusia. Karena agama, orang bisa saling mencinta. Tetapi atas nama agama pula, orang bisa saling membunuh dan menghancurkan. Apalagi setelah tragedy 11 September 2001, bahwa agama seakan- akan membawa permusuhan dan kekerasan, dan atas nama agama, orang seakan-akan diperbolehkan untuk meniadakan sesamanya. Melenium baru yang seharusnya membawa harapan ternyata malah menjadi awal bagi kesedihan dan kekhawatiran, kini atas nama agama orang bisa saling menghancurkan. Oleh sebab itu perlu memahami tugas dan misi agama untuk menyumbangkan perdamaian dan kemaslahatan manusia dalam dunia yang plural ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muktafi, MuktafiMuktafi.sahal@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pluralisme
Keywords: Pluralisme
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2018 06:49
Last Modified: 02 Mar 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23754

Actions (login required)

View Item View Item