Kearifan lokal dalam Desa Berbudaya: studi tentang pengelolaan desa di Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shonhaji, Aji (2017) Kearifan lokal dalam Desa Berbudaya: studi tentang pengelolaan desa di Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aji Shonhaji_E84211061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana kearifan lokal di Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta?, (2) Bagaimana kebijakan pengelolaan desa berbasis kearifan lokal di Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Dalam menganalisa kebijakan pengelolahan desa berbasis kearifan lokal di desa Cilandak data yang digunakan berupa hasil wawancara, observasi, dan catatan etnografi yang disajikan dalam bab kebijakan pengelolaan desa berbasis kearifan lokal di desa Cilandak. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa kearifan lokal di Desa Cilandak seperti beas parelek, mitembeyan, marhaba’an,menjadi agenda kegiatan masyarakat baik agenda tertulis maupun tidak tertulis. Pemerintahan desa Cilandak menjadikan kearifan lokal sebagai dasar dalam mengelolah desa Cilandak. Adapun pengelolahan desa berbasis kearifan lokal di desa Cilandak dengan langkah-langkah strategis yang ditempuh dalam rangka pengelolaan desa budaya adalah perencanaan, koordinasi, pembinaan dengan multi pendekatan serta evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shonhaji, AjiAziecrayon32@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Politik > Politik Islam
Keywords: Kearifan lokal; desa berbudaya; pengelolaan desa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Shonhaji Aji
Date Deposited: 07 Mar 2018 05:03
Last Modified: 23 May 2018 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23794

Actions (login required)

View Item View Item