Tinjauan hukum Islam terhadap persepsi masyarakat tentang ketentuan zakat hasil rumput laut di Desa Pagarbatu Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahri, Syaiful (2010) Tinjauan hukum Islam terhadap persepsi masyarakat tentang ketentuan zakat hasil rumput laut di Desa Pagarbatu Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syaiful Bahri_C02205060.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan dengan rumusan masalah, yaitu pertama: bagaimana persepsi masyarakat tentang ketentuan zakat hasil rumput laut di Desa Pagarbatu Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep/ Kedua, apakah persepsi masyarakat tersebut sesuai yang ditentukan zakat dalam Islam? Skripsi ini menganalisis persepsi masyarakat petani rumput laut di Desa Pagarbatu Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep terhadap zakat hasil rumput laut mereka yang selama ini mereka keluarkan atau laksanakan tanpa tahu berapa besar zakat yang harus mereka berikan. Analisis penulis lakukan berdasarkan ketentuan-ketentuan zakat sebagaimana dijelaskan dalam hukum Islam. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana data yang dikumpulkan diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, dan setelah itu disajikan secara deskriptif. Setelah itu, data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik verifikatif, yaitu untuk menguji data tentang persepsi masyarakat Desa Pagarbatu terhadap ketentuan zakat hasil rumput laut dengan hukum Islam. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa persepsi masayarakat petani Desa Pagarbatu Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep tentang ketentuan zakat hasil rumput laut tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Sebab, pelaksanaan zakat yang mereka laksanakan dengan cara sembarangan (suka rela) tanpa tahu apakah hasil rumput laut mereka telah sampai satu nisab atau belum, dan mereka juga tidak tahu berapa besar harta yang harus mereka keluarkan. Padahal dari penjelasan fiqih, masalah harta hasil rumput lautdisamakan dengan zakat pertanian, dan zakatnya antara 5 - 10% jika sampai satu nisab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahri, SyaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Masyarakat
Zakat
Keywords: Hukum Islam; persepsi masyarakat; zakat hasil rumput laut
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2018 07:49
Last Modified: 14 Mar 2018 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item View Item