Peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika melalui metode latihan (drill) siswa kelas II di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taseman, Taseman (2012) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika melalui metode latihan (drill) siswa kelas II di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Taseman_D77208065.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (I) Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo? (2) Bagaimana penerapan strategi metode latihan (drill) kelas II SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas II SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo pada pembelajaran matematika melalui metode latihan (drill)? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes basil belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif. Terbukti penelitian dengan menggunakan metode latihan (drill) yang diterapkan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan basil belajar siswa kelas II SD Darul Ulum Bungurasib, dikatakan bahwa katuntasan prestasi belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada materi mengenal bilangan, karena dilibat dari persentase persiklus, basil belajar siswa meningkat secara bertahap dari sebelum dilakukan peneliti yang berbasil 51,27%, setelah dilakukan penelitian siklus I tingkat keberhasilan meningkat 70, 18% dilanjutkan ke siklus II basilnya lebih meningkat yaitu 88,18% yang berhasil mencapai ketuntasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taseman, TasemanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Metode Latihan (Drill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:04
Last Modified: 27 Mar 2018 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23962

Actions (login required)

View Item View Item