Politik Nasional berbasis moral menurut pandangan Buya Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mundzir, Ahmad (2011) Politik Nasional berbasis moral menurut pandangan Buya Hamka. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Mundzir_C03206038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana pandangan Buya Hamka tentang politik nasional berbasis moralitas? Data penelitian dihimpun melalui teknik studi pustaka selanjutnya akan didapatkan beberapa pendapat Buya Hamka tentang politik nasional berbasis moral. Dalam skripsi ini terdapat beberapa pemikiran Buya Hamka tentang politik nasional berbasis moral, di antaranya adalah bahwasannya politik dapat dikatakan bermoral apabila pemerintahan yang menjalankan memiliki moral Agama Islam, yaitu dengan memiliki budi pekerti yang baik, dan tidak membuat kerusakan di muka bumi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa politik nasional berbasis moral Islam adalah negara bisa dikatakan negara bermoral apabila pemimpin dan rakyatnya memiliki aturan dalam melakukan tugasnya, yang dilandasi dengan moral agama Islam. Negara berbasis moral lahir dan timbul dari suatu etika dan akhlak yang mulanya timbul dari ketauhidan. Maka dari itu penulis menghimbau agar setiap masalah tidak hanya diambil sisi negatifnya saja, tetapi beberapa pemikiran bisa lebih banyak manfaatnya, terutama bagi perkembangan politik di negara kita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mundzir, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Keywords: Politik Nasional; Moral; Buya Hamka
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2018 03:05
Last Modified: 03 Apr 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24012

Actions (login required)

View Item View Item