Terapi konseling Behavior dalam menangani siswa yang malas sekolah: studi kasus siswa x di SDN Ketegan I Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Ulvianti (2010) Terapi konseling Behavior dalam menangani siswa yang malas sekolah: studi kasus siswa x di SDN Ketegan I Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ulvianti Hidayah_D03205088.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24084

Abstract

Malas sekolah merupakan sifat yang negatif untuk ditiru, tetapi malas sekolah bukan didasari dari satu masalah saja melainkan berbagai macam masalah yang salah satunya adalah orang tua mempunyai keluarga lagi. Orang tua merupakan salah satu pembuat motivasi anak untuk melakukan aktivitas belajar. Jika salah satunya menghilangkan motivasi tersebut, anak akan mengalami malas belajar yang mengakibatkan anak juga malas untuk pergi kesekolah. Untuk itu, dalam penelitian ini behaviour akan membantu Siswa yang bermasalah dengan sifat malas sekolah. Pada penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus, pendekatannya menggunakan kualitatif deskriptif, analisisnya menggunakan tiga tahap; I) Prediksi data, 2) Display data, 3) ferifikasi dan simpulan. Data-data tersebut diperoleh dari Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh melalui observasi dapat dikatakan bahwa Siswa kurang menerapkan disiplin pada dirinya. Kurangnya perhatian dari orang tua (Ayah) membuat Siswa tidak bersemangat berangkat sekolah. Materi pelajaranpun jarang diperhatikan oleh R karena seringnya melamun pada waktu guru menerangkan. Dari hasil wawancara dengan orang-orang yang bersangkutan, diperoleh data bahwa Siswa mengalami perubahan tingkah laku semenjak Siswa ditinggal ayahnya yang mempunyai keluarga lagi. Dampak yang terjadi disekolah adalah Siswa sering tidak masuk sekolah, seringnya melanggar tata tertib disekolah. Dan malas belajar adalah hal yang paling utama yang tidak di1akukan oleh Siswa semenjak ditinggal oleh ayahnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Siswa mengalami masalah prestasi belajar, dan keaktifan untuk masuk sekolah. Namun setelah dilakukannya konseling dengan terapi behavioural yang menggunakan treatment token economy, Siswa mengalami perubahan. Siswa lebih rajin untuk sekolah. Diharapkan agar lingkungan siswa Siswa agar selalu mengontrol dan memberi perhatian terhadap Siswa demi menjadikan Siswa yang rajin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Ulvianti--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi konseling Behaviour; siswa malas sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:43
Last Modified: 09 Apr 2018 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24084

Actions (login required)

View Item View Item