MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faroqi, Darul (2015) MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa tempat belajar anak berkebutuhan khusus adalah Sekolah Luar Biasa (SLB), padahal banyak sekolah yang dapat dimasuki oleh anak berkebutuhan khusus sebagai tempat belajar, atau yang dikenal dengan pendidikan inklusif. Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang manampung dan mendidik siswa-siswinya tanpa melihat bentuk dan kemampuan fisik maupun psikis. Semua anak dapat mengikuti pendidikan di lembaga tersebut, tanpa diskriminasi, dan mendapat perlakuan sama. Sebagai contoh, salah satu sekolah yang melaksanakan program pendidikan inklusif adalah SMK Negeri 1 Sidoarjo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis yang disandarkan pada studi kasus, yakni di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa SMK Negeri 1 Sidoarjo melaksanakan Model pendidikan inklusif. Sekolah ini menerima dan mendidik peserta didik berkebutuhan khusus sebagaimana layaknya peserta didik yang lain. Kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum dari departemen pendidikan nasional yakni kurikulum 2013.
Dalam pelaksanaanya di kelas menggunakan bentuk kelas reguler dengan pull out yang artinya anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak lain (normal) di kelas reguler namun dalam waktu-waktu tertentu ditarik dari kelas reguler ke ruang sumber untuk belajar dengan guru pembimbing khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ilun Muallifah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faroqi, DarulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Pendidikan Inklusif; Anak Berkebutuhan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:40
Last Modified: 23 Oct 2015 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item