This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faroqi, Darul (2015) MODEL PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa tempat belajar anak berkebutuhan khusus adalah Sekolah Luar Biasa (SLB), padahal banyak sekolah yang dapat dimasuki oleh anak berkebutuhan khusus sebagai tempat belajar, atau yang dikenal dengan pendidikan inklusif. Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang manampung dan mendidik siswa-siswinya tanpa melihat bentuk dan kemampuan fisik maupun psikis. Semua anak dapat mengikuti pendidikan di lembaga tersebut, tanpa diskriminasi, dan mendapat perlakuan sama. Sebagai contoh, salah satu sekolah yang melaksanakan program pendidikan inklusif adalah SMK Negeri 1 Sidoarjo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis yang disandarkan pada studi kasus, yakni di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa SMK Negeri 1 Sidoarjo melaksanakan Model pendidikan inklusif. Sekolah ini menerima dan mendidik peserta didik berkebutuhan khusus sebagaimana layaknya peserta didik yang lain. Kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum dari departemen pendidikan nasional yakni kurikulum 2013.
Dalam pelaksanaanya di kelas menggunakan bentuk kelas reguler dengan pull out yang artinya anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak lain (normal) di kelas reguler namun dalam waktu-waktu tertentu ditarik dari kelas reguler ke ruang sumber untuk belajar dengan guru pembimbing khusus.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ilun Muallifah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Pendidikan Inklusif; Anak Berkebutuhan Khusus | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2015 07:40 | ||||||
Last Modified: | 23 Oct 2015 07:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2415 |
Actions (login required)
View Item |