PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER STUDENT ISLAMIC CENTER (SIC) DALAM MENGEMBANGKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO PERSPEKTIF ARY GINANJAR AGUSTIAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nursya’adah, Liana (2015) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER STUDENT ISLAMIC CENTER (SIC) DALAM MENGEMBANGKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO PERSPEKTIF ARY GINANJAR AGUSTIAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai dasar-dasar Spiritual Quotient yang dibawa sejak lahir. Pendidikan memiliki peranan penting dalam mengembangkannya. Pendidikan yang menekankan aspek kecerdasan spiritual memiliki format pemeliharaan, pemanfaatan, dan pengembangan fitrah kemanusiaan dalam mengantisipasi krisis spiritual di era globalisasi, karena inti pendidikan yang dianjurkan Islam adalah untuk pemenuhan jati diri manusia atau esensi kemanusiaan di hadapan Allah.
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka penulis mengangkat judul Peran Ekstrakurikuler Student Islamic Center (SIC) dalam Mengembangkan Spiritual Quotient Siswa SMA Al-Islam Krian Sidoarjo Perspektif Ary Ginanjar.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam teknik pengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kemudian pengecekan keabsahannya menggunakan triangulasi.
Adapun hasil penelitiannya ekstrakulikuler SIC sebagai fasilitas yang mengupayakan penjernihan “suara hati” yang merupakan landasan Spiritual Quotient dengan melalui kegiatan kajian tafsir al-Qur’an, kajian hadits Arba’in, Malam Bina Iman dan Takwa, dan studi banding ke pondok pesantren. Kondisi Spiritual Quotient siswa SMA Al-Islam Krian Sidoarjo setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler SIC bisa dikatakan baik, karena para siswa aktif dan antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang diprogramkan ekstrakurikuler tanpa paksaan apapun. Faktor pendukung dari kegiatan ekstrakurikuler SIC yaitu adanya pro-aktif pembina ekstrakurikuler, guru agama, dan siswa, koordinasi baik antara pembina dan seluruh anggota ekstrakurikuler SIC dan adanya dukungan yang baik dari pihak sekolah mengenai sarana-prasarana terhadap setiap kegiatan yang diprogramkan ekstrakurikuler SIC dalam mengembangkan Spiritual Quotient siswa SMA Al-Islam. Adapun faktor penghambatnya adalah adanya banyak tugas yang diemban oleh siswa SIC dan benturan jadwal ekstrakurikuler yang diikuti sebagian siswa SIC

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nursya’adah, LianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Ekstrakurikuler; Spiritual Quotient; Student Islamic Center
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2015 08:50
Last Modified: 23 Oct 2015 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item