Analisis hukum Islam terhadap mempekerjakan anak di bawah umur di Desa Wanglukulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetyo, Eko (2009) Analisis hukum Islam terhadap mempekerjakan anak di bawah umur di Desa Wanglukulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Eko Prasetyo_C01304065.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah motivasi mempekerjakan anak di bawah umur bagi masyarakat Desa Wanglukulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban? Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap mempekerjakan anak di bawah umur di Desa Wanglukulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban? Data dalam penelitan ini diperoleh dari hasil wawancara dengan warga Desa Wanglukulon yang bersangkutan baik dari orang tua, anak, maupun dari badan/perorangan yang merekrut dan juga data yang menyangkut ketentuan hukum Islam yang menyangkut masalah pemeliharaan (hadhonah) yang selajutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis dan verifikatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mempekerjakan anak yang ada di Desa Wanglukulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban yaitu dengan motivasi mendidik anak dan mencari uang untuk membantu kebutuhan keluarga sehari-hari. Faktor yang mempengaruhi rnempekerjakan anak adalah karena faktor ekonomi serta kurang tegasnya aparat untuk melaksanakan Undang-Undang yang sudah ada. Bahwa Orang tua yang mempekerjakan anak di bawah umur dengan motivasi mendidik anak maka menurut hukum Islam diperbolehkan karena kewajiban dasar orang tua adalah memelihara dan mendidik anaknya dengan sebaik-baiknya, dan orang tua yang mempekerjakan anak dengan motivasi mencari uang yang dapat mengganggu perkembangan fisik, jiwa dan mentalnya, sesuai dengan maslahah mursalah yang menggunakan prisip maslahah dharuriyah yaitu membahayakan jiwa anak di bawah umur, dan membahayakan keturunan. Maka dilarang menurut hukum Islam. Orang tua yang ada di Desa Wanglukulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban hendaknya tidak menyuruh anaknya bekerja untuk mencari uang yang dapat mengganggu perkembangan fisik, jiwa, serta mentalnya karena kewajiban dasar orang tua adalah memelihara dan mendidiknya dengan sebaik-baiknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetyo, Eko--UNSPECIFIED
Subjects: Anak
Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; Mempekerjakan anak di bawah umur
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:19
Last Modified: 16 May 2018 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24223

Actions (login required)

View Item View Item