Implementasi repayment capacity pada pembiayaan griya iB Hasanah untuk mengurangi risiko nasabah wanprestasi di BNI Syariah KCPS Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukminin, Mas Ach Azmi (2018) Implementasi repayment capacity pada pembiayaan griya iB Hasanah untuk mengurangi risiko nasabah wanprestasi di BNI Syariah KCPS Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mas Ach Azmi Mukminin_G94214148.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana prosedur pembiayaan Produk BNI Griya IB Hasanah di BNI Syariah KCPS Sidoarjo, Apakah repayment capacity nasabah pembiayaan mempengaruhi tingkat kelancaran pengembalian pembiayaan, serta bagaimanakah mekanisme repayment capacity pembiayaan BNI Griya IB Hasanah di BNI Syariah KCPS Sidoarjo dalam mengurangi risiko nasabah wanprestasi. Metode penelitian menggunakanmetode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan carastudi kepustakaan, observasi lapangan, dan wawancara. Dari data yang diperoleh, maka data tersebut diolah dengan teknik pengolaan data yang meliputi editing, organizing, dan penemuan hasil. Serta teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data dan reduksi data.Hasil penelitian yang diperoleh adalah prosedur pembiayaan BNI Griya iB Hasanah sebagai berikut; Pertama nasabah memenuhi data administratif, kedua pihak bank melakukan BI checking, ketiga bank menilai kelayakan calon debitur menggunakan 5C, keempat langkah selanjutnya BNI Syariah KCPS Sidoarjo mengeluarkan surat keputusan pembiayaan (SKP), kelima langkah terakhir akad dan pencairan. Adapun mekanisme Repayment capacity di BNI Syariah KCPS Sidoarjo sebagai berikut; Repayment Capacity nasabah dapat dihitung apabila data calon debitur telah divalidasi kebenarannya, kemudian Analis pembiayaan menghitung repayment capacity menggunakan sistem EFOS.Mekanisme Repayment capacity di BNI Syariah KCPS Sidoarjo sebagai berikut; a. Repayment Capacity nasabah dapat dihitung apabila data calon debitur telah divalidasi kebenarannya, b. Kemudian Analis pembiayaan menghitung repayment capacity menggunakan sistem EFOS, c. Setelah mendapatkan hasil dari perhitungan repayment capacity analis pembiayaan menetukan besaran plafond yang akan diperoleh nasabah, d. Langkah terakhir penerbitan surat keputusan pembiayaan (SKP). keduaRepayment capacity pada pembiayaan BNI Griya iB Hasanahsangat berdampak dalam mengurangi risiko nasabah wanprestasi. Hal ini dapat dilihat dari data persentase pra NPF dan NPF BNI Syariah KCPS Sidoarjo mengalami penurunan setelah BNI Syariah KCPS Sidoarjo menerapkan repayment capacity.Dari hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya BNI Syariah KCPS Sidoarjo lebih memperhatikan lagi prinsip analisis kelayakan pembiayaan yang menggunakan prinsip 5C dan tidak hanya berfokus pada Capacity dan Collateral saja. Hal ini untuk lebih meningkatkan kewaspadaan bank apabila adanya data fiktif yang telah diberikan oleh calon debitur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukminin, Mas Ach Azmiach.azmimukminin@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Repayment capacity; nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mukminin Mas Ach Azmi
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:57
Last Modified: 23 Apr 2018 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24363

Actions (login required)

View Item View Item