Analisis semiotika pesan dakwah Ulama Islam Indonesia dalam acara talkshow Mata Najwa Metro TV edisi “Cerita Dua Sahabat” : analisis semiotika John Fiske

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hatta, Fatiha Ardi (2018) Analisis semiotika pesan dakwah Ulama Islam Indonesia dalam acara talkshow Mata Najwa Metro TV edisi “Cerita Dua Sahabat” : analisis semiotika John Fiske. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatiha Ardi Hatta_F02716156.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail pesan dakwah yang disampaikan oleh Quraish Shihab dan Mustofa Bisri, ulama Islam Indonesia di acara Mata Najwa Metro Tv. Kemudian menganalisis secara kritis wacana-wacana dominan yang diproduksi oleh media Metro Tv untuk menemukan pendapat dominan dan pendapat terbungkam. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif menggunakan teori semiotika John Fiske, analisis wacana kritis Teun van Dijk, dan Spiral of Silence Noelle-Neumann. Unit analisis yang diteliti adalah pesan dakwah, dialog antara Najwa Shihab dengan narasumber, latar busana, panggung, dan berita-berita Metro Tv satu bulan sebelum penayangan acara Mata Najwa edisi “Cerita Dua Sahabat” untuk mendapatkan informasi secara kritis dan integral. Berdasarkan data yang didapatkan, hasil penelitian menjelaskan bahwa pesan dakwah ulama Islam Indonesia menunjukkan mengenai Islam sebagai ajaran moderat, dengan cara dakwah yang damai, persuasif, dan sejalan dengan pancasila dan pemerintah. Hal ini sengaja disampaikan, karena banyaknya gerakan umat Islam bersatu yang mampu memberikan warna dan perubahan terhadap tatanan pemerintahan, hingga akhirnya pemerintah berusaha membatasi gerak umat Islam dalam berita-berita Metro Tv satu bulan sebelumnya. Media menampilkan pesan dakwah tersebut dalam acara Mata Najwa berkepentingan untuk menyampaikan ideologi media, yakni cinta tanah air, nasionalisme. Media Metro Tv mendominankan Islam dengan jalan moderat dan membungkam masyarakat yang bertentangan dengan kepentingan Metro Tv berdasarkan video acara Mata Najwa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hatta, Fatiha ArdiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Keywords: Analisis Semiotika; Pesan Dakwah Ulama Islam Indonesia; Analisis Wacana Kritis; Spiral of Silence; Mata Najwa Metro Tv
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:27
Last Modified: 18 Mar 2019 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24482

Actions (login required)

View Item View Item