Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III MI Nurul Ulum Prambon Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Fitriyah (2018) Peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III MI Nurul Ulum Prambon Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriyah_D97214105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran kurang inovatif dan siswa kurang suka belajar matematika karena matematika sulit. Banyak siswa yang belum memahami materi perkalian pada mata pelajaran matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelumnya hanya 32,43% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (ctl). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian pada siswa kelas III MI Nurul Ulum Prambon? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian setelah diterapkan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas III MI Nurul Ulum Prambon? Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Ulum Prambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) berjalan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 77,27 (Baik) meningkat menjadi 87,5 (Sangat baik) pada siklus II. Perolehan nilai hasil observasi siswa pada siklus I 71,15 (Baik) meningkat menjadi 84,61 (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Data hasil belajar siswa pada pra siklus memiliki prosentase 32,43% dengan rata-rata 67 (Cukup), siklus I memperoleh prosentase 67,56% dengan rata-rata 74,35 (baik) dan siklus II memperoleh prosentase 86,48% (Sangat Baik) dengan rata-rata 84,24 (Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, FitriyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Matematika; Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:09
Last Modified: 30 Apr 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24495

Actions (login required)

View Item View Item