Teknik dongeng dalam ceramah Ustadz Bambang Bimo Suryono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Ainur (2018) Teknik dongeng dalam ceramah Ustadz Bambang Bimo Suryono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ainur Rosidah_B71214015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana teknik dongeng dalam ceramah Ustad Bambang Bimo Suryono? Adapun tujuan penelitian adalah memahami dan mendeskripsikan bagaimana teknik dongeng dalam ceramah ustad Bambang Bimo Suryono dikalangan anak-anak. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sehingga data yang diperoleh peneliti akan disajikan dengan cermat secara deskriptif menggunakan kata-kata. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa teknik membuka ceramah dengan mendongeng ustadz Bambang Bimo Suryono meliputi teknik menghubungkan kejiadian sejarah yang terjadi dimasa lalu, teknik memulai dengan pernyataan yang mengejutkan, teknik musik dan nyanyian serta teknik suara tak lazim. Teknik menyampaikan ceramah dengan mendongeng meliputi teknik menata alur progresif, teknik menata alur flash back dan teknik menata alur for shadowing. Sedangkan teknik menutup ceramah dengan mendongeng ustadz Bambang Bimo Suryono meliputi teknik nyanyian yang selaras dengan tema, teknik doa khusus memohon terhindar dari kebiasaan buruk tokoh yang jahat agar diberikan kemampuan melakukan kebaikan sebagaimana tokoh yang baik, teknik janji untuk berubah, teknik mendorong khalayak untuk bertindak dan teknik menyatakan gagasan utama dengan kalimat dan kata-kata yang berbeda. Penelitian ini hanya membahas masalah teknik dongeng dalam ceramah ustadz Bambang Bimo Suryono, oleh karena itu peneliti selanjutnya diharap untuk melakukan penelitian tentang retorika dakwah ustadz Bambang Bimo Suryono.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Ainurainurrosidah0310@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Dongeng
Keywords: Teknik; Dongeng Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rosidah Ainur
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:11
Last Modified: 30 Apr 2018 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item View Item