Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembuatan pupuk organik cair dari Sabut Kelapa oleh kelompok tani di Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Afnan (2018) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembuatan pupuk organik cair dari Sabut Kelapa oleh kelompok tani di Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Afnan Anshori_B92214047.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berfokus pada pengorganisasian masyarakat melalui pengolahan sabut kelapa menjadi pupuk organic cair dan hubungan ekonomi melalui pembuatan pupuk oganik cair dengan dakwah pengembangan masyarakat islam. Pada kegiatan pendampingan ini, peneliti menggunakan metode penelitian Aset Based Community Development (ABCD). Metode pendekatan yang lebih mengedepankan partisipasi masyarakat sebagai subjek perubahan, awal kegiatan yaitu mulai dari pemetaan, proses FGD Bersama masyarakat, melakukan aksi perubahan sampai dengan evaluasi. Jawaban dari focus penelitian ini yaitu bahwa peneliti melakukan pnenelitian ini melalui proses belajar bersama masyarakat, membangun impian mereka (Dream), melakukan proses perencanaan bersama masyarakat, melakukan aksi perubahan (Define) dan melakukan monitoring dan evaluasi bersama masyarakat. Untuk memudahkan proses pendampingan, lembaga kelompok tani dilibatkan sebagai wadah berkumpulnya subjek pendampingan untuk proses belajar ini. Dakwah Pengembangan Masyarakat Islam dengan Pemberdayaan ekonomi di Desa Gayam merupakan suatu hal yang sangat berkaitan. Dakwah PMI itu lebih mementingkan aksi dari pada ceramah. Dakwah PMI lebih menekankan terjun ke masyarakat secara langsung, mengatasi masalah bukan hanya masalah akhirat tetapi dunia juga. Kegiatan pemberdayaan dilakukan melalui pelatihan pembuatan pupuk organik cair dari sabut kelapa sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan mereka, mulai pertemuan untuk belajar bersama mengetahui dari kegunaan potensi yang mereka punyai untuk keberlangsungan pertanian mereka. Hasilnya, masyarakat petani mulai memahami akibat dari penggunaan pupuk kimia, dan beralih menggunakan pupuk organik sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan pertanian mereka, dan meminimalisir pengeluaran sehingga pendapatan bisa lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Afnanafnananshori35@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan Petani; Pupuk Organik Cair; Pelatihan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anshori Afnan
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:41
Last Modified: 30 Apr 2018 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24532

Actions (login required)

View Item View Item